Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

MERINDUKAN VAKSIN NUSANTARA

Vaksin Nusantara Tunggu Publikasi Uji Klinis Fase Dua

Mayor Jenderal TNI (Purn.) dr Daniel Tjen (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Vaksin Nusantara di bawah naungan tim mantan Menteri Kesehatan dr. Terawan kini masih menunggu publikasi uji klinis fase keduanya. Setelah sebelumnya, publikasi fase pertama yang dilakukan di Semarang telah keluar.

“Untuk saat ini kami masih menunggu publikasi untuk fase keduanya, ketika itu sudah keluar, kami bisa masuk pada uji klinis fase ketiga,” kata Mayor Jenderal TNI (Purn.) dr Daniel Tjen salah satu Tim Vaksin Nusantara dalam zoom meeting Beranda Ruang Diskusi, Rabu (6/10/2021).

Pihaknya pun memastikan dalam pelaksanaan pengujian vaksin nusantara, akan tetap menerapkan sema protokol penelitian yang baik. Sehingga manfaat dari vaksin nusantara bisa segera dirasakan masyarakat.

“Kami memastikan untuk semua uji klinisnya mengikuti protokol penelitian yang standart,” kata dia.

Vaksin nusantara sendiri, lanjut Daniel, terus dikerjakan dengan harapan bisa menghadirkan vaksin bagi golongan yang tak bisa mendapat vaksin umum. Seperti lansia maupun orang dengan penyakit bawaan.

“Seperti yang kelainan imun atau penyakit bawaan lain yang tidak bisa menerima vaksin pada umumnya,” lanjut dia.

Ketika nanti telah rampung diteliti dan bisa digunakan, vaksin nusantara diharapkan bisa mengurangi angka kematian pasien Covid-19. Khsususnya lansia dan orang dengan penyakit bawaan.

Daniel menyebut, angka kematian pada dua kelompok tersebut bisa dibilang sangat tinggi. Namun diakui atau tidak, tidak semua vaksin cocok kepada dua golongan tersebut.

“Karena itulah vaksin nusantara ini diharapkan bisa hadir untuk mereka,” kata dia.

Daniel, mewakili Tim vaksin Nusantara sendiri mengucapkan terima kasih pada pimpinan DPR yang telah merestui penelitian ini tetap berlanjut.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...