Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Untuk Selamatkan Barca, Patungan Atau Berubah Jadi Perusahaan

Stadion Camp Nou, Barcelona, menjadi salah satu ikon kebesaran Barcelona. Kini klub raksasa Spanyol ini membutuhkan cara untuk bisa selamat dari kebangkrutan. (facebook.com/johari.anwar)

MURIANEWS, Barcelona- Masalah financial kronis yang terjadi di Barcelona mendapatkan usulan untuk bisa mendapatkan jalan keluar. Beberapa usulan dilontarkan salah seorang pendukung Dewan Direksi FC Barcelona untuk mengatasinya.

Jaume Roures, salah satu pendukung Dewan Direksi FC Barcelona itu, memberikan sebuah usulan yang mungkin bisa diambil untuk menyelamatkan Barcelona. Tokoh ini meminta seluruh anggota Barcelona bisa mengambil sikap untuk berkontribusi dalam memecahkan masalah yang dihadapi ini.

Usulan yang disampaikannya, mungkin bisa dianggap sesuatu yang tidak populer. Namun, dengan cara itu kemungkinan masih bisa menyelamatkan Barcelona dari kebangkrutan.

“Sebenarnya saya tidak senang, karena saya akan mengatakan sesuatu yang tidak popular. Caranya, mitra harus menyumbangkan uang, dengan ‘patungan’ atau dengan cara tertentu, untuk memecahkan masalah financial ini,” ujar Jaume Roures, seperti dilansir Mundo Devortivo.

Pengusaha Catalan itu menjelaskan, Jika anggota Barcelona adalah pemilik Barca, maka mereka harus membantu dengan melakukan patungan atau dengan cara lainnya. Misalnya menyumbangkan 1.000 atau 2.000 euro dari masing-masing anggota.

BACA JUGA: Busquets Sebut Barcelona Dalam Situasi Serius

Roures menjelaskan bahwa dirinya mengusulkan hal ini untuk bisa disetujui dalam upaya menghindari kehancuran klub. Langkah yang nyata diperlukan untuk menyelamatkan Barcelona dalam ancaman kebangkrutan.

“Jika dewan tidak menyetujuinya, maka pemilihan baru seharusnya diadakan. Dua bulan lagi dan kami berada di bulan Maret, dengan Manajer yang tidak dapat menyediakan uang, yang tidak dapat membayar hutang, yang tidak dapat membuat keputusan ..,” ujar Joame Roures.

Tokoh Catalonia ini juga menyatakan, tidak menutup kemungkinan nantinya Barcelona akan berubah menjadi sebuah perusahaan, meski dengan syarat tertentu. Bayern Munich menjadi salah satu model yang diajukannya sebagai contoh.

Klub Jerman itu, menggunakan model kepemilikan 51 persen dimiliki oleh anggotanya, dan 39 persen sisanya dikuasai oleh perusahan dengan beberapa manajer. Jajaran manajer bisa dilakukan oleh para legenda klub, termasuk untuk para pelatihnya.

Barcelona dan beberapa klub di Spanyol seperti Real Madrid, memang memiliki system pengelolaan yang unik. Berbeda dengan klub-klub di Eropa pada umumnya, Barcelona adalah klub yang dimiliki oleh puluhan ribu anggotanya.

Di Spanyol ada tiga klub yang memiliki system kepemilikan seperti ini selain Barcelona. Mereka adalah Real Madrid, Atletico Bilbao dan Osasuna. Di klub-klub tersebut presiden dan staf hanyalah pelaksana. Kepemilikan ada di tangan anggotanya yang berjumlah sekitar 80 ribu orang. Mereka dinamakan socios.

Sistem pengelolaan ini mirip dengan system koperasi di Indonesia. Bedanya, di Barcelona para socios tidak menerima deviden atau keuntungan. Mereka hanya punya kekuasaan penuh untuk memilih dan menurunkan presiden klub. Sistem ini bahkan sudah dipakai sejak 1902.

Para Socios ini wajib membayar iuran tahunan, dan mendapatkan sejumlah hak diantaranya bisa melihat pertandingan Barcelona di kandang. Tentu saja iuran Socios bukanlah sumber utama pendanaan Barcelona. Sumber lain seperti hak siar, sponsorship, penjualan merchandise, penjualan pemain adalah yang utama mereka dapatkan.

Kini ditengah kemelut keuangan Barcelona, sebuah ide untuk membentuk perusahaan dilontarkan. Perusahaan dengan syarat-syarat tertentu diusulkan untuk bisa mengatasi masalah financial yang sedang mengancam Barceleona.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Mundo Deportivo

Comments
Loading...