Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Miliaran Dana Dikucurkan untuk Perbaiki Jalan Pertanian di Kudus

Jalan usaha tani di Desa Pasuruhan Kidul, Kecamatan Jati, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menyiapkan dana miliaran rupiah untuk meningkatkan infrastruktur pertanian. Dana tersebut dialokasikan sana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Total ada dana Rp 2 miliar yang disiapkan. Dana itu digunakan untuk memperbaiki 14 titik jalan usaha tani (JUT) dan dua titik jaringan irigasi tingkat usaha tani (JITUT).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kudus Sunardi mengatakan, 14 lokasi JUT itu berada di Desa Sidomukti, Margorejo, Rejosari, Gulang, Sidorekso, Temulus, Pasuruhan Lor, dan Pasuruhan Kidul masing-masing satu lokasi.

Kemudian ada di Desa Pladen, Bulungcangkring, dan Prambatan Lor yang masing-masing memiliki dua titik lokasi.

“Sementara pembangunan JITUT lokasinya di dua desa. Yakni di Desa Rendeng dan Desa Kutuk,” katanya, Selasa (5/10/2021).

Sunardi menyampaikan, proses pembangunan JITUT dan JUT sudah berjalan hingga satu bulan. Rencananya proses pembangunan akan selesai pada bulan depan.

Menurutnya, ada beberapa manfaat dari dua pembangunan infrastruktur ini. Sebab, dengan adanya pembangunan infrastruktur itu akan berdampak bagi kelangsungan para petani. Yakni untuk menekan cost produksi saat panen dilaksanakan.

“JUT diharapkan bisa menekan ongkos produksi. Sebelumnya hasil pertanian yang diangkut oleh banyak tenaga manusia bisa digantikan dengan mobil yang lebih efisien kerjanya,” terangnya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Catatan Redaksi: Berita ini telah mengalami penyuntingan ulang pada judul dan isi demi peningkatan kualitas berita.

Comments
Loading...