Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

35 Kg Bahan Peledak Disimpan Napi Terorisme di Gunung Ciremai

Tim Densus 88 dan Jihandak mengevakuasi bom 35 kg yang sudah dijinakan dari Gunung Ciremai. (Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Imam Mulyana (31), narapidana terorisme membuat pengakuan mengejutkan pada Densus 88. Di mana, dia mengaku menyimpan bahan peledak di Gunung Ciremai, Jawa Barat. Jumlahnya cukup mencengangkan, yakni 35 kilogram.

Pengakuan itu diungkapkannya usai Imam menjalani masa deradikalisasi dan pembinaan di Lapas Gunung Sindur. Setelah masa deradikalisasi itu, Imam kini telah berikrar setia kepada Pancasila dan mengakui kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kepada Densus 88, Imam membuat pengakuan yang mencengangkan. Dia bersama komplotannya masih menyimpan bahan baku TATP (Triacetone Triperoxide) sebanyak 35 kilogram,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Ahmad Ramadhan dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (5/10/2021).

Mendapati pengakuan itu, tim Densus 88 bersama Tim Penjinak Bom (Jihandak) Brimob Polda Jabar langsung melakukan pencarian bersama, Jumat (1/10/2021). Iwan Mulyana juga diajak untuk menunjukan lokasi penyimpanannya.

Menurut Ramadhan, setelah upaya pencarian berhari-hari, tim baru menemukan bahan peledak itu di ketinggian 1.450 MDPL. Tepatnya disekitar seputaran Blok Cipater, Desa Bantar Agung, Sindawangi, Majalengka, Jawa Barat.

“Ditemukan sejumlah TATP dalam beberapa wadah terpisah, sesuai dengan pengakuan Imam Mulyana,” jelasnya.

Pertama tim menemukan TATP murni dengan berat 10 kg yang disimpan di stoples. Kemudian, ada juga di sebuah botol plastik berisi 250 ml yang berisi gotri dan juga ditempatkan di empat tempat makan.

Lalu, ditemukan juga bahan peledak C1 dan 1,5 botol air minum yang berisi TATP yang sudah berubah warna. “Tim Jibom Brimob Polda Jabar melakukan tindakan pemusnahan (Disposal) terhadap bahan peledak tersebut di sekitar lokasi penemuan,” ucap dia.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...