Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Buka Suara soal Pati Kembali Level 3 PPKM

Bupati Pati Haryanto memberikan keterangan kepada wartawan. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Kabupaten Pati kembali memasuki Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 Tahun 2021.

Bupati Pati Haryanto pun buka suara mengenai hal ini. Ia mengatakan, perubahan level PPKM untuk Pati ini bukan karena kenaikan kasus Covid-19, melainkan dari capaian vaksin.

“Kita sendiri untuk vaksinasi belum sampai 50 persen, sehingga masuk level 3. Kami memahami itu, karena Pati ini jumlah penduduknya besar, lebih dari satu juta. Tetapi untuk penerimaan dosis vaksin, kami masih sedikit,” katanya, Selasa (5/10/2021).

Dia menambahkan, untuk vaksinasi di Bumi Mina Tani sendiri saat ini baru 29 persen. Sementara apabila ditarget percepatan, ia berharap dosis vaksin yang dialokasikan untuk Pati juga diperbanyak.

“Kita ini kan penduduknya banyak, tetapi dosis vaksin yang diberikan kurang memadai. Kalau dosisnya banyak, semua tenaga vaksinator bisa kami maksimakan, sehingga vaksin langsung bisa disuntikkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca: Jepara Kembali Level 3, Pemerintah Harus Kerja Keras Lagi

Namun, pihalnya mengaku tidak begitu khawatir sekalipun status PPKM Pati kembali ke level 3. Sebab, indikatornya hanya capaian vaksinasi.

“Kalau indikatornya angka positif covid atau angka kematian Covid-19, ini yang patut kita pikirkan. Tapi ini vaksinasi,” terangnya.

Baca: Kudus dan Jepara Kembali ke Level 3, Ini Daftar Lengkap PPKM Jateng

Pihaknya juga mengaku setiap kali mendapatkan kiriman vaksin, maka dosis tersebut langsung dibagikan ke masing-masing kecamatan. Kemudian oleh tenaga vaksinator yang ada di kecamatan, langsung menyuntikkan kepada warga.

“Ada juga yang jemput bola, petugas vaksinator datang ke desa-desa untuk menyuntikkan vaksin tersebut. Ini sudah kita lakukan,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...