Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemerintah Uji Coba New Normal di Kota Blitar

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (YouTube/Sekretariat Presiden)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah berencana melakukan uji coba kehidupan new normal di Kota Blitar, Jawa Timur. Itu setelah Kota Blitar berhasil turun menjadi level 1 dan telah memenuhi syarat indikator WHO serta target vaksinasi.

“Pemerintah akan lakukan uji coba level 1 ‘new normal’ di Kota Blitar. Implementasi uji coba ini karena telah memenuhi syarat indikator WHO dan target vaksinasi 70 persen dan dosis 1 lansia 60 persen,” kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (4/10/2021).

Baca juga: Pakar Sarankan PPKM Terus Diperpanjang

“Penerapan level 1 adalan mendekati aktivitas kehidupan masyarakat yang normal,” imbuh Luhut.

Untuk itu, lanjut Luhut, pihaknya akan meningkatkan tindakan surveilen, testing, tracing, dan pengetatan protokol kesehatan. Pemerintah akan menerjunkan tim yang terdiri dari pakar-pakar dan ahli-ahli di bidangnya untuk tinggal beberapa waktu di Kota Blitar. Mereka nantinya akan memonitor pelaksanaan new normal di sana.

Jika berhasil, tambahnya, uji coba new normal akan dilakukan ke kota-kota yang dapat masuk ke level 1.

Baca juga: PPKM di Jawa Bali Kembali Dilanjutkan

“Pemerintah akan melakukan dan mengawasi ketat dengan memonitor seluruh kegiatan aktivitas masyarakat di Blitar. (tujuannya) agar dapat merespons bila ada hal-hal yang dianggap darurat, sehingga tidak bisa berkembang menjadi liar,” kata Luhut.

Baca juga: Vaksinasi Lansia jadi Indikator Level PPKM

Seperti diketahui, pemerintah kembali melanjutkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Penerapan ini diperpanjang hingga dua pekan kedepan, yakni 18 Oktober 2021.

 

Reporter: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...