Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Vaksinasi Covid-19 di Kudus Capai 51 Persen

Warga mengikuti vaksinasi yang digelar Sukun Group. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Vaksin Covid-19 dosis pertama telah disuntikkan pada 339.653 warga Kabupaten Kudus. Jumlah itu setara 51 persen dari target sebanyak 665.884 orang.

Jumlah capaian tersebut terbilang sudah melampaui target awal vaksinasi di Kota Kretek. Di mana, Pemerintah Kabupaten Kudus menargetkan minimalnya 50 persen warganya telah tervaksin.

Hanya saja, untuk capaian dosis kedua saat ini masih di angka 189.664 sasaran atau sekitar 29 persen.

“Target 50 persen kemarin, saat ini sudah terlampaui yang dosis pertama. Tapi dosis keduanya belum,” kata Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Aniq Fuad, Senin (4/10/2021).

Kini pihaknya tengah fokus untuk mengejar sasaran vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Hanya, sambung dia, saat ini pelaksanaan vaksinasi di bawah DKK Kudus agak tersendat, lantaran stok vaksin tengah kosong.

“Stok vaksin di DKK saat ini kosong, belum ada dropping. Misalpun masih ada yang sudah dialokasikan ke Puskesmas itu sisa untuk dosis dua. Untuk dosis pertama yang masih ada stok milik TNI dan Polri,” ujarnya.

Baca: Vaksinasi Lansia jadi Indikator Level PPKM

Menurutnya DKK saat ini tengah menunggu stok vaksin kembali untuk bisa melanjutkan target selanjutnya yakni 70 persen masyarakat Kudus sudah tervaksin hingga akhir tahun 2021. Pihaknya optimis bisa mencapai target tersebut, ketika nantinya stok vaksin mulai tersedia.

Apalagi, lanjut dia, antusias masyarakat untuk memperoleh vaksinasi saat ini, sudah terbilang bagus.

“Setiap ada vaksin yang datang, kami langsung suntikkan. Tidak menutup kemungkinan Kudus bisa 70 persen sampai akhir tahun nanti, tapi itu juga tergantong ketersediaan vaksin,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...