Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Atlet Hebat Papua Jadi Pembawa Bendera PON

Delapan atlet asal Papua yang telah membawa harum nama Indonesia membawa bendera PON di acara pembukaan PON XX Papua. (PBPON)

MURIANEWS, Jayapura- Opening Ceremony atau upacara pembukaan PON XX Papua 2020, akhirnya digelar di Stadion Lucas Enembe, Sabtu (2/10/2021) WIT. Dalam acara pembukaan ini ada delapan atlet hebat asal Papua mendapatkan kehormatan untuk membawa bendera PON.

Delapan atlet asal Papua yang berhasil mecetak prestasi tertinggi itu, berasal dari lintas generasi. Mereka telah tercatat dalam sejarah ikut mengharumkan nama Indonesia di kancah olahraga nasional.

Di deretan terdepan, Lisa Rumbewas peraih dua medali perak di arena Olimpiade berjalan dengan tegap disisi kiri depan. Selanjutnya, mantan petinju Papua, Beny Maniani berada di sisi kanan Rumbewas.

Beny Maniani adalah petinju Indonesia yang tercatat pernah meraih medali emas Asian Games 1977, yang berlangsung di Jakarta. Prestasi ini, sampai saat ini belum ada yang bisa menyamai.

BACA JUGA: PON XX Papua Dibuka Presiden Joko Widodo

Kemudian, berjalan tepat dibelakang Rumbewas adalah atlet dayung Papua, Erny Sokoy. Kiprahnya di olahraga dayung telah membuat Erny berhasil mempersembahkan medali emas di arena Sea Games 2013 bagi Indonesia.

Novelus Yoku juga merupakan atlet hebat asal Papua. Melalui karate Yoku mempersembahkan emas di SEA Games 1999. Berikutnya adalah Kartika Moni yang menjadi bagian dari Tim Voly Putri Indonesia peraih emas SEA Games 1999.

Pelari gawang Papua juga mendapatkan kehormatan untuk menjadi pembawa bendera di PON kali ini. Velly Mofu mencatat prestasi gemilang di SEA Games 1977 saat berhasil merebut medali emas nomor Lari Gawang 400 meter putri.

Sosok atlet Papua yang tak kalah terkenal adalah Rully Rudof Nerre atau Rully Nere. Atlet sepak bola ini menjadi gelandang Tim Nasional dalam beberapa dekade di tahun 1980-an.

Rully adalah salah satu bagian dari Tim Nas Indonesia yang meraih medali emas di SEA Games 1987. Sampai saat ini, prestasi Tim Nas Sepak bola Indonesia di arena SEA Games belum bisa terulang lagi.

Atlet terakhir yang membawa bendera PON adalah Imanuel Dondi. Sosok ini dikenal sebagai atlet pencak silat, yang berhasil menggondol gelar juara di Kejuaraan Dunia Karate pada 1992.

Begitulah, meskipun rata-rata sudah berusia lanjut, namun semangat mereka masih tetap menyala. Presiden Joko Widodo bahkan memberikan penghormatan dengan memberi tepuk tangan sambil berdiri di Acar Pembukaan PON XX 2020 Papua.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Dari Berbagai Sumber

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.