Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO KAMPUS

Mahasiswa Unnes Beri Edukasi Tentang Gizi

Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM), FIK Universitas Negeri Semarang, Habibah Yulia Resti memberikan edukasi tentang gizi pada warga Keluragan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (29/8/2021). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM), FIK Universitas Negeri Semarang, Habibah Yulia Resti memberikan edukasi tentang gizi pada warga Keluragan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (29/8/2021).

Dalam penyuluhan itu, dia memberikan edukasi pentingnya memenuhi kebutuhan gizi pada anak sekolah. Terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

Menurutnya, pandemi Covid-19 memunculkan potensi meningkatnya anak yang kekurangan gizi. Padahal, kebutuhan nutrisi sangat memengaruhi kondisi kesehatan anak.

“Dampak ekonomi di tingkat rumah tangga ini sangat memengaruhi pemenuhan kebutuhan dasar anak, yakni makanan bergizi. Pandemi Covid-19 membuat keluarga kesulitan dalam mencukupi kebutuhan pangan ini. Ini disebabkan karena menurunya daya beli masyarakat serta berkurangnya ragam konsumsi pangan di keluarga,” Habibah saat memberikan edukasi di Yayasan Yatim Piatu Al-Mahadul Aulia Jalan Balong Kirai Sari No. 10, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Dia mengingatkan kembali agar kecukupan gizi anak-anak usia sekolah bisa dipenuhi. Di samping itu, pemenuhan gizi itu juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Pemberian gizi yang cukup itu sangat penting pada anak-anak usia sekolah. Sebab di usia mereka, pertumbuhan fisik, kecerdasan, mental dan emosional bertumbuh dengan cepat. Makanan yang mengandung unsur gizi sangat diperlukan untuk proses tumbuh kembang.

“Dengan mengonsumsi makanan yang cukup gizi secara teratur, anak akan tumbuh sehat sehingga mampu mencapai prestasi belajar yang tinggi,” katanya.

Dengan bimbingan dari dr. Widya Hary Cahyati, Habibah juga memberikan poster pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan snack sehat pada peserta penyuluhan. Di kesempatan itu, Habibah juga memberikan permainan edukasi tentang gizi dan memberikan konsultasi gizi pada anak-anak.

“Dengan adanya penyuluhan ini, saya harap anak-anak mulai memahami betapa pentingnya cakupan kebutuhan gizi yang harus dipenuhi, dikarenakan usia mereka mengalami pertumbuhan fisik, kecerdasan, mental, dan emosional yang sangat cepat,” ujarnya.

 

Reporter: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.