Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Gasak 31 HP, Dua Maling di Kartasura Diringkus Polisi

Polres Sukoharja saat menggelar jumpa pers pembobolan konter HP. (Solopos.com)

MURIANEWS, Sukoharjo — Polres Sukoharjo berhasil meringkus dua pencuri berinisial TS dan SK yang membawa kabur 31 ponsel (HP) usai membobol sebuah konter di Kartasura, Senin (27/9/2021) malam.

Penangkapan kedua pelaku tersebut berbekal olah TKP dan kamera closed circuit television (CCTV) yang berhasil merekam pembobolan tersebut.

Oleh petugas, kedua pelaku dihadirkan dalam jumpa pers yang digelar Rabu (29/9/2021) kemarin. Keduanya mengaku nekat mencuri 31 gawai tersebut lantaran terlilit masalah ekonomi.

“Saya lihat tokonya tidak ada yang menempati atau menjaga saat malam. Saya nekat karena tidak ada pekerjaan. Saat pandemi tidak ada orang yang menggunakan jasa saya yang hanya buruh serabutan,” kata SK seperti dikutip Solopos.com, Kamis (30/9/2021).

Kedua pelaku mengaku setiap hari bekerja sebagai buruh serabutan. Hanya, di masa pandemi, keduanya tidak mendapatkan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Merasa terdesak, keduanya kemudian nekat mencuri di toko gawai FR.

SK dan TS terlebih dulu memantau target toko yang akan dibobol selama sepekan terakhir. Setelah itu, pelaku kemudian beraksi pada dini hari.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setiawan mengatakan, kedua pelaku baru kali pertama mencuri. Namun, dia menegaskan polisi tetap akan menelusuri rekam jejak pelaku apakah memiliki riwayat kriminal lain atau tidak.

“Kalau mereka ketahuan melakukan pencurian atau tindakan kriminal lainnya sebelum ini pastinya akan ada pemberatan,” terang dia.

Kapolres juga berterima kasih kepada masyarakat yang kooperatif membantu menangkap kedua pelaku. Pasalnya, pelaku berhasil ditangkap beberapa jam setelah polisi menerima laporan.

Dia juga mengimbau agar warga atau pemilik usaha lebih waspada dengan pencurian dengan meningkatkan sistem keamanan seperti memasang CCTV.

“Penangkapan ini termasuk cepat karena tidak sampai hitungan hari dan hanya jam saja. Semua tak lepas dari bantuan masyarakat yang ikut membantu pelacakan. Salah satu wajah pelaku sempat tertangkap CCTV dan tim mendapatkan informasi dari masyarakat terkait keberadaan salah satu pelaku dan akhirnya dilakukan penangkapan,” beber dia.

Dari hasil penangkapan, polisi berhasil menyita 31 unit gawai berbagai merk, satu unit sepeda motor honda beat warna putih bernomor polisi AD 4876 ACB, dan dua kursi yang digunakan untuk memanjat sebagai barang bukti.

Saat ini tersangka masih dalam proses peyidikan oleh Unit Reskrim Polsek Kartasura.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...