Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

30 September, Bendera Setengah Tiang Berkibar di Kudus

Bendera setengah tiang terpasang di halaman Pendapa Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Semua kantor instansi pemerintahan di Kudus mengibarkan bendera setengah tiang Kamis (30/9/2021). Pengibaran dilakukan mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Pengibaran bendera setengah tiang itu, ditujukan untuk mengheningkan cipta atas peristiwa tragis yang terjadi pada 30 September di tahun 1965 tersebut.

Kemudian juga dilakukan untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur dalam peristiwa tersebut.

Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, semua instansi pemerintahan telah diinstruksikan untuk mengibarkan bendera setengah tiang hari ini.

Sementara untuk perusahaan swasta dan unsur stakeholder lainnya, sudah disampaikan melalui dinas-dinas yang berkaitan.

“Sebagian besar sudah memasang bendera setengah tiang, yang belum, khususnya instansi pemerintahan langsung diperintahkan,” katanya.

Bupati Hartopo pun berharap masyarakat turut memasang bendera setengah tiang. Hal tersebut ditujukan untuk mengehormati sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang gugur di peristiwa kelam itu.

Baca: Tiga Lokasi di Pati Ini Ditengarai Jadi Pusat Pembantaian Simpatisan PKI

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kudus Harso Widodo, juga mengajak semua warga Kudus untuk mengibarkan bendera setengah tiang pada hari ini.

Namun, pihaknya lebih berharap besok masyarakat bisa memasang bendera satu tiang penuh pada esok hari. Tepatnya pada 1 Oktober 2020 yakni Hari Kesaktian Pancasila.

“Harapannya memang besok bisa memasang bendera merah putih semua satu tiang penuh,” kata Harso.

Oleh karenanya, pihaknya berharap, peran camat, Babinsa dan Babhinkamtibmas untuk mengimbau masyarakat memasang bendera satu tiang penuh pada esok hari.

“Sehingga benar-benar bisa serempak memasang bendera merah putih,” ungkapnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.