Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pecandu Narkoba Kudus Ingin Rehabilitasi Bisa Melapor ke Sini, Dijamin Tak Ada Proses Hukum

Ilustrasi narkoba. (google images)

MURIANEWS, Kudus – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah mengimbau masyarakat di Kabupaten Kudus yang memiliki kerabat seorang pecandu narkoba untuk melaporkannya ke BNNP. Atau, bisa melalui Kantor Kesbangpol Pemkab Kudus maupun Polres Kudus.

Pihak BNNP sendiri menjamin, ketika seorang pecandu melapor ke mereka, maka tidak akan diproses secara hukum. Melainkan akan langsung ditangani dan direhabilitasi supaya pulih kembali.

“Kami jamin tidak ada proses hukum jika melaporkan untuk direhabilitasi, namun sebaliknya jika tertangkap beda lagi, tentu akan ada proses hukum walau akhirnya nanti juga bisa mengarah ke rehabilitasi,” ujar Kepala BNNP Jateng Purwo Cahyoko, Selasa (29/9/2021).

Alurnya sendiri, kata dia, adalah kerabat pecandu ataupun yang bersangkutan bisa melaporkan diri ke dua tempat tersebut, Yakni Kesbangpol atau Polres Kudus. Kemudian setelah itu dilakukan assessment untuk kemudian dilakukan proses rehabilitasi.

“Karena itulah kami mendorong Pemerintah Kabupaten Kudus untuk memiliki tempat rehabilitasi bagi pecandu narkotika sendiri, karena selama ini pecandu narkotika asal Kudus menjalani rehabilitasi rawat jalan,” kata dia.

Untuk langkah pendukungnya, pihak BNNP juga telah menunjuk perwakilan serta telah melatih sejumlah tenaga kesehatan RSUD Loekmono Hadi Kudus. Sehingga ketika nanti ada pasien rehabilitasi bisa dirawat di Kabupaten Kudus.

BNNP, juga mendorong Pemkab Kudus untuk segera bentuk Badan Narkotika Nasional (BNN) kabupaten sebagai langkah mempersempit peredaran narkoba. Sehingga pemberantasan narkoba di daerah setempat bisa lebih maksimal.

“Rencana pembentukan BNN kabupaten memang sudah lama. Namun, naskah akademik sebagai syarat pembentukannya belum dipenuhi,” jelasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...