Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Duh, 72 Siswa dan Satu Guru SMAN 2 Cilacap Positif Covid

ilustrasi. (freepik)

MURIANEWS, Cilacap – Sebanyak 72 siswa dan seorang guru SMA Negeri 2 Cilacap  terkonfirmasi positif Covid-19. Puluhan orang tersebut dinyatakan positif setelah mengikuti swab test massal, Kamis (23/9/2021) lalu.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Cilacap, M Wijaya memastikan, puluhan siswa dan seorang guru tersebut tidak mengikuti kegiatan vaksinasi massal saat Presdien Joko Widodo (Jokowi) datang.

Hal ini lantaran, swab massal tersebut dilakukan sebelum presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan.

Baca: Jokowi dan Ganjar Pantau Vaksinasi di Cilacap, Warga Nerobos Minta Foto

“Total ada 72 orang siswa dan satu guru yang terpapar. Mereka juga tidak mengikuti kegiatan vaksinasi massal (saat kunjungan Jokowi) karena positif covid saat diskrining,” katanya dalam siaran pers, Selasa (28/9/2021).

Wijaya pun menjelaskan sebelum kunjungan Jokowi, pihak satgas sudah melakukan skrining terhadap 250 orang yang di antaranya merupakan guru dan siswa SMAN 2 Cilacap, Rabu (22/9/2021).

Hasilnya 73 orang di antaranya positif Covid-19. Rata-rata para siswa dan guru yang terpapar tersebut merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Selain itu, mereka juga bukan dari klaster pendidikan, karena para siswa yang terpapar belum melakukan pembelajaran tatap muka (PTM).

Wijaya menambahkan, bahwa temuan tersebut tidak memengaruhi jalannya pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Pihaknya telah melakukan langkah isolasi secara terpusat di Gedung Diklat Cilacap dengan jumlah sekitar 20 orang pasien Covid-19, dan sisanya menjalani isolasi secara mandiri.

Baca: Polisi Amankan Dua Warga saat Jokowi Kunjungi Cilacap, Ini Alasannya

“Satgas telah menindaklanjutinya dengan penerapan isolasi mandiri maupun terpusat. Yakni kepada mereka yang terpapar Covid-19 khususnya klaster SMA Negeri 2,” ucapnya.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau semua pihak untuk dapat tetap berdisiplin terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan, saat ini sebagian dari siswa SMA Negeri 2 Cilacap yang menjalani isolasi terpusat maupun mandiri telah dinyatakan sembuh.

“Sebagian besar sudah negatif, ada 42 yang negatif, OTG semuanya,” kata Pramesti.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Cilacap, Rabu (23/9/2021) pekan lalu. Agenda Jokowi saat itu di antaranya adalah meninjau pelaksanaan serbuan vaksin untuk siswa-siswi SMA di Kabupaten Cilacap, di SMAN 2 Cilacap, Kecamatan Cilacap Utara.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...