Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Data Pemilih di Jepara Bergerak Dinamis

Rakor Pemutahiran data Pemilih Pemilu digelar KPU Jepara. Daftar Pemilih di Jepara dinilai bergerak dinamis. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara terus memutakhirkan data pemilih. Sebab, sejauh ini data terpantau terus bergerak secara dinamis.

Selasa (28/9/2021), KPU Jepara menggelar Rapat Koordinasi (rakor) terkait pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB). KPU bersama seluruh stakeholder terkait, mencapai satu kesepahaman tentang daftar pemilih di Jepara,

Selanjutnya, nantinya daftar pemilih yang akan digunakan pada pemilu dan pemilihan serentak 2024 mendatang benar-benar berkualitas. Ketua KPU Kabupaten Jepara, Subchan Zuhri, menyampaikan rakor triwulan itu digunakan untuk mematangkan data pemilih.

BACA JUGA: KPU Jepara Bikin Podcast Bilik Demokrasi

“Hal ini merupakan bentuk upaya KPU dalam mengakomodir perubahan data kependudukan yang terus bergerak secara dinamis,” kata Subchan.

Sementara itu, Muntoko, Anggota KPU Jepara divisi Program dan Data mengungkapkan dalam PPDPB peiode September terdata 881.898 pemilih. Dengan pemilih perempuan sebanyak 442.136 pemilih dan pemilih laki-laki sebanyak 439.762 pemilih.

“Terdapat potensi pemilih baru sebanyak 1.667 pemilih,” terang Muntoko.

Jika disandingkan dengan DPT Jepara tahun 2020, angka itu mengalami kenaikan. Tetapi kenaikannya belum signifikan. Muntoko menyebut, beberapa langkah strategis terus diupayakan KPU Jepara untuk menjaring pemilih baru maupun pemilih yang tidak memenuhi syarat.

“KPU telah memanfaatkan ruang digital dengan hadirnya podcast bilik demorasi pada kanal youtube KPU Jepara untuk mensosialisasikan kegiatan pemutakhiran data pemilih,” jelas Muntoko.

Selain itu Muntoko juga menyampaikan Koordinasi dan kerja sama bersama stake holder dan OPD terus ditempuh oleh KPU Jepara dalam mewujudkan data pemilih yang mutakhir, valid serta faktual.

“KPU telah gandeng Kemenag, Dinas Pendidikan, Pemerintah daerah bahkan KPU menggali data hingga ke desa” ungkap Muntoko.

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Budi erje

Comments
Loading...