Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Didorong Miliki Tempat Rehabilitasi Pecandu Narkotika

Audiensi BNNP dengan Pemkab Kudus, Selasa (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah mendorong Pemerintah Kabupaten Kudus untuk memiliki tempat rehabilitasi bagi pecandu narkotika sendiri. Selama ini, pasien rehabilitasi asal Kota Kretek menjalani rehabilitasi di BNNP dengan cara rawat jalan.

“Kunjungan kami selain untuk memperkuat konsolidasi terkait Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), juga untuk mendorong Kudus untuk memiliki rehabilitasi terpadu,” ucap Kepala BNNP Purwo Cahyoko usai beraudiensi dengan Pemkab, Selasa (28/9/2021).

Baca: Kerja Sama BNN Jateng dan Lapas Pati Berhasil Cegah Peredaran Narkoba

Untuk langkah pendukungnya, pihak BNNP juga telah menunjuk perwakilan serta telah melatih sejumlah tenaga kesehatan RSUD Loekmono Hadi Kudus. Sehingga ketika nanti ada pasien rehabilitasi  bisa dirawat di Kabupaten Kudus.

Alurnya, adalah dengan melaporkannya kepada BNNP untuk kemudian ditentukan apakah akan direhabilitasi di BNNP atau di BNNK Kudus. Ketika nanti dirawat di BNNK Kudus, maka bisa dilakukan rawat inap di fasilitas yang akan disediakan Pemkab Kudus.

“Oleh karena itu kami meminta dukungan penuh ke Pak Bupati untuk bisa memback-up semua kegiatan BNNK dan rehabilitasi di Kudus ini,” jelas dia.

Sementara Bupati Kudus HM Hartopo menyebut jika Pemkab Kudus siap mendukung penuh pembentukan BNNK di Kabupaten Kudus, mulai dari sekretariat atau kantor. Begitu pula dengan penyiapan ruang khusus untuk rehabilitasi pecandu narkotika.

Baca: Ungkap Jaringan Narkoba, Lapas Semarang Terus Jalin Koordinasi dengan BNN Jateng

“Tentu dari Pemkab sangat mengapresiasi dan mendukung penuh apa yang harus dipersiapkan untuk BNNK ini,” kata Hartopo.

Untuk ruang rehabilitasinya sendiri, akan diupayakan bisa tersedia tahun depan. Atau dibarengkan dengan proyek pembangunan Instalasi Bedah Sentral (IBS) di RSUD Kudus.

“Saat ini baru ada unit jiwa, bisa nanti dibangunkan area khusus untuk rehabilitasi itu sendiri,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...