Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemerintah Jepara Tak Paksa Semua Sekolah Gelar PTM Besok Pagi

Uji coba pembelajaran tatap muka di salah satu SMA Jepara beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Jepara dibuka kembali, Rabu (29/9/2021) besok. Tetapi, pemerintah tidak memaksakan semua sekolah harus melaksanakan PTM.

Hal itu dikatakan oleh Agus Tri Harjono, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara, Selasa (28/9/2021). Alasannya, jika pihak sekolah belum sanggup menjalankan PTM dengan protokol kesehatan ketat, maka tidak boleh memaksakan kehendak.

“Prinsipnya kesiapan penerapan protokol kesehatan super ketat. Siswa harus bermasker, kelas diatur jaga jarak, dan penyediaan tempat cuci tangan,” katanya.

Sore ini, pihaknya sudah menyebarkan pemberitahuan resmi kepada seluruh SD dan SMP di Jepara. Bahwa besok pagi sudah bisa menjalankan kembali PTM.

Agus mengatakan, di kalangan SD dan SMP, pihaknya memastikan bahwa kesiapan protokol kesehata sudah sangat baik. Sebab, kesiapan itu sudah dimulai sejak berbulan-bulan lalu.

Hingga sore ini, pihaknya belum menerima aduan soal ketidaksiapan satupun sekolah untuk menjalankan PTM esok hari.

“Kami sudah kabarkan ke semua jajaran satuan pendidikan SD dan SMP. Semua siap PTM besok pagi,” ujar Agus.

Baca: Setop PTM di Jepara Dijanjikan Tak Akan Lama

Untuk menghindari adanya temuan kasus penyebaran Covid-19 di sekolah, Agus memerintahkan agar seluruh sekolah membentuk satuan tugas penanggulangan Covid-19.

Isinya beberapa guru dan karyawan sekolah. Tugas mereka yakni memastikan tidak ada siswa yang terpapar virus itu.

“Satgas sekolah akan berkoordinasi dengan Puskesmas terdekat. Bila ada siswa yang bergejala, satgas harus segera lapor ke Puskesmas supaya segera ditindaklanjuti,” pungkas Agus.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...