Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sambut Pandemi Jadi Endemi, Jokowi: Tetap Waspada dan Jangan Pernah Lengah

Presiden Joko Widodo. (BPMI Setpres/Lukas)

MURIANEWS, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sudah saatnya masyarakat hidup berdampingan dengan Covid-19. Di mana masa transisi dari pandemi menjadi endemi perlu disambut, karena Covid-19 tidak akan hilang dari muka bumi.

Pernyataan itu diungkapkan Jokowi dalam postingan di instagramnya, @jokowi. Menurutnya, Kondisi Indonesia sudah beranjak membaik dalam beberapa pekan belakangan ini.

“Satu setengah tahun dalam selubung pandemi Covid-19, kondisi Indonesia beranjak membaik dalam beberapa pekan belakangan ini,” tulis Jokowi seperti dilihat MURIANEWS, Senin (27/9/2021).

Dengan kondisi yang membaik itu, rumah-rumah sakit tak lagi disesaki pasien Covid-19, pusat-pusat isolasi mandiri di berbagai kota di tanah air mulai melonggar.

Kemudian, status level PPKM di berbagai daerah sudah turun. Dengan penurunan itu, pusat perbelanjaan, rumah ibadah, tempat wisata, mulai dibuka, dan sekolah-sekolah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Keberhasilan itu, lanjut Jokowi, berkat penerapan PPKM, vaksinasi massal, serta kesadaran masyarakat menjalankan protokol kesehatan.

“Kini, kita bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, dan menyambut pandemi ini sebagai endemi, karena Covid-19 tak kan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama. Tetaplah waspada dan jangan pernah lengah. Covid-19 tetap mengintai di sekitar kita,” katanya.

Sementara itu, dalam konfrensi pers secara virtual, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan situasi Covid-19 terkini. Disebutkan kasus aktif nasional juga disebut telah turun 92,6 persen dari pucak kasus pada 24 Juli 2021. Namun perbaikan kasus ini disebut tidak boleh membuat masyarakat menjadi lengah.

“Ini tidak boleh membuat kita berpuas diri, tapi justru berhati-hati. Kemarin saya dapat laporan di Pangandaran lebih dari 10 ribu orang yg datang minggu kemarin padahal sudah diatur,” jelasnya dalam konfrensi pers secara virtual, Senin (27/9/2021).

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...