Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Realisasi Proyek Fisik di Grobogan Hingga Agustus Tak Capai Target

Bupati Sri Sumarni saat pengukuhan pengurus DRD Grobogan periode 2020-2023. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Rapat Koordinasi Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan (Rakor POP) triwulan III tahun 2021 digelar Pemkab Grobogan, Senin (27/9/2021). Rakor yang dilangsungkan di Gedung Riptaloka, setda setempat dibuka Bupati Grobogan Sri Sumarni.

Dalam rakor itu terungkap jika besarnya anggaran tahun 2021 untuk belanja daerah mencapai Rp 2,5 triliun lebih. Dana sebesar ini digunakan untuk membiayai 578 kegiatan atau pekerjaan yang tersebar di 49 OPD.

Berdasarkan data yang direkap hingga akhir Agustus, realisasi fisik baru mencapai 66,38 persen. Padahal target yang ditentukan sebesar 73,92 persen. Sedangkan realisasi keuangan baru 55,71 persen dari target sebesar 61,97 persen.

”Kami minta terutama untuk OPD yang capaian kinerjanya masih rendah agar bekerja lebih keras melaksanakan program dan kegiatan yang belum tercapai. Sebab, waktu pelaksanaan APBD tahun anggaran 202i tinggal beberapa bulan lagi,” kata Sri Sumarni.

Sementara itu, Sekretaris Grobogan Moh Sumarsono meminta agar proyek fisik pada tahun anggaran 2021 ini harus bisa diselesaikan seluruhnya. Artinya, jangan sampai ada pekerjaan yang tidak selesai tergarap maupun gagal lelang seperti beberapa tahun lalu.

Menurutnya, kalau sampai ada proyek yang sampai gagal dilaksanakan tentu sangat disayangkan. Sebab, anggarannya sudah disiapkan dan hasil proyek itu juga sudah dinantikan masyarakat.

“Saya minta semua pekerjaan yang sudah direncanakan pada tahun ini bisa terlaksana 100 persen. Saya minta kepada semua kepala OPD agar selalu memantau program kerja yang sudah direncanakan sehingga bisa selesai sesuai target. Kemudian, semua kendala yang muncul agar selalu diidentifikasi dan dicarikan solusi bersama,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...