Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Vaksinasi Covid-19 Dosis Satu di Kudus Capai 46 Persen

Nakes tengah menyuntikkan vaksin pada salah seorang peserta vaksinasi Sukun Group. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama di Kabupaten Kudus telah mencapai 46 persen dari target sebanyak 665.884 warga Kudus.

Bupati Kudus HM Hartopo menyebutkan akan terus menggalakkan vaksinasi di berbagai target sasaran. Mulai dari masyarakat umum hingga remaja usia 12-17 tahun.

“Kami akan terus mengebut pelaksanaan vaksinasi di semua kategori, paling tidak 50 persen warga Kudus nanti akan tervaksin,” kata Hartopo, Senin (27/9/2021).

Ketika nanti sudah ada 50 persen warga Kudus yang telah divaksin, Hartopo berharap kekebalan komunal bisa segera terbentuk di Kudus. Dengan begitu, aktifitas masyarakat bisa kembali normal seperti semula.

Namun, pihaknya juga mewanti-wanti kepada warga Kudus yang telah vaksin untuk tidak abai dengan protokol kesehatan. Hartopo mengatakan, vaksinasi hanyalah untuk memperkuat imun di tubuh.

“Sehingga ketika nanti sudah divaksin, harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” ujarnya.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus per tanggal 26 September, untuk cakupan vaksinasi Covid-19 dosis satu di tujuh kategori yakni tenaga kesehatan, pelayanan publik, lansia, masyarakat, disabilitas, ibu hamil, dan remaja, semuanya telah lebih dari 20 persen.

Dengan paling banyak adalah kategori nakes yakni sebesar 124,7 persen dari target sebanyak 5.502 orang. Kemudian terbanyak kedua adalah pada kategori pelayanan publik yang sudah mencapai 66 persen dari target 52.660 orang.

Sementara untuk kategori masyarakat umum, kini telah mencapai 42 persen dari jumlah target sebesar 452.410 orang. Untuk ibu hamil, kini telah tervaksin sebanyak 38 persen dari target 3.358 orang.

Sementara untuk kategori disabilitas, sudah tervaksin hampir 100 persen dari target sebanyak 799 orang. Untuk kategori remaja sendiri, telah tervaksin sebanyak 34 persen dari total target sebanyak 80.057 orang.

Untuk yang paling rendah sendiri, yakni kategori lansia yang baru tercakup sebesar 27 persen. Dari total target sebesar 71.098 orang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...