Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Muncul Temuan Gua Baru di Terban Kudus

Kepala Desa Terban, Supeno (kaos putih) menemukan gua keempat di Desa Terban. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Sebuah gua kembali ditemukan di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus. Dengan temuan baru ini, sudah muncul empat gua yang ditemukan di desa itu selama beberapa waktu terakhir.

Kepala Desa Terban Supeno mengatakan, Minggu (26/9/2021) kemarin pihaknya sudah mulai melakukan pembukaan bibir gua. Lokasinya berada di Bukit Cangkraman, Desa Terban.

“Sempat salah titik. Karena gua kan tertutup tanah. Tetapi cuma salah 10 meter saja kok. Tinggal geser sepuluh meter ke utara sedikit,” katanya, Senin (27/9/2021).

Supeno melanjutkan, gua tersebut dapat dilihat dari surau yang juga berada di Bukit Cangkraman. Dia memprediksi gua tersebut merupakan gua Jepang.

“Sampai hari ini yang kebuka baru bibir guanya. Perkiraan tingginya dua meter. Proses pembukaan rencananya sampai lima hingga enam hari ke depan,” terangnya.

Baca: Pemdes Terban Kudus Temukan Gua Diduga Peninggalan Zaman Jepang

Supeno menyampaikan kendala pembukaan gua itu karena tidak terdapat air. Sehingga pembukaan gua terasa berat. Menurutnya nanti ketika berhasil dibuka, view guanya menarik.

“Tujuan dari pembukaan gua ini sebagai pembelajaran sejarah. Demi anak cucu yang ada di Desa Terban bahwa dulunya ada pendudukan Jepang,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, Desa Terban sedianya sudah mendapatkan SK Desa Wisata berkembang. Tepatnya pada 2 Juli 2020 lalu.

“Desa Terban kan sudah dapat SK desa wisata dari pak Bupati pada 2 Juli 2020 lalu. SK itu disampaikan oleh pak bupati yang saat itu masih sebagai Plt. Harapannya ketika gua gua di sini terbuka, bisa menarik wisatawan,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...