Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tertunda Setahun, Ansor Pati Dukung Muktamar NU Digelar Tahun Ini

Ketua GP Ansor Pati Itqonul Hakim. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Setelah Muktamar ke-34 Nadhlatul Ulama (NU) gagal dilaksanakan pada 2020 lalu lantaran semakin mengganasnya Covid-19, kini wacana untuk muktamar dilakukan tahun ini pun banjir dukungan. Salah satunya dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pati.

Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Pati Itqonul Hakim mengatakan, forum tertinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang tertunda satu tahun kini telah memungkinkan digelar, mengingat pandemi sudah mulai terkendali.

“Langkah-langkah pengendalian pandemi yang dilakukan pemerintah menunjukkan hasil baik. Perkembangan vaksinasi berjalan menggembirakan dan stabilitas sosial berangsur pulih. Sudah sepatutnya muktamar segera dilaksanakan,” katanya, Sabtu (25/9/2021).

Itqon menyebutkan pelaksanaan Muktamar NU ke-34 ini merupakan hal mendesak. Sebab jika digelar tahun ini, momentumnya dapat digunakan untuk merancang semangat baru dan meningkatkan peran organisasi dalam memberikan kontribusi maksimal untuk memulihkan keadaan bangsa.

“GP Ansor Pati siap memberikan dukungan penuh kepada PBNU untuk melaksanakan amanat para kiai sepuh NU yang menghendaki Muktamar ke-34 NU digelar tahun ini. Sebagaimana juga telah menjadi keputusan Munas NU tahun kemarin,” ujarnya.

Baca: Ingin Hijrah, Puluhan Orang di Kudus Berbondong-bondong Hapus Tato

Itqon setuju menggelar even seakbar Muktamar di tengah situasi pandemi tentu tidak dengan cara gegabah. Dengan kesadaran pentingnya penerapan protokol kesehatan ketat, maka Muktamar ke-34 memungkinkan digelar dengan sejumlah penyesuaian.

“Karena situasi belum sepenuhnya normal, warga NU tentu akan memahami jika dalam penyelenggaraannya ada pembatasan-pembatasan yang semestinya,” terangnya.

Selain itu ia berpendapat bahwa kapan pandemi benar-benar berakhir masih tidak bisa dipastikan. Maka ia mendukung pemikiran masyarakat harus hidup berdampingan dengan Covid-19. Namun tentu dengan sikap hati-hati.

“Dengan dasar tersebut maka muktamar digelar tahun ini atau tahun depan situasinya kurang lebih akan sama. Namun mengingat urgensinya, forum Muktamar tahun ini akan memberikan sumbangsih berupa semangat baru dan pikiran-pikiran besar untuk membantu bangsa keluar dari krisis,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...