Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bank-Bank Sampah di Jepara Perlu Digiatkan Kembali

Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama masyarakat memilah sampah organik dan nonorganik. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Perkara sampah masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi pemerintah dan masyarakat Jepara. Padahal, sebagian sampah juga memiliki manfaat lain yang bisa dijadikan sumber ekonomi.

Bupati Jepara Dian Kristiandi tak menampik bahwa sebagian masyarakatnya masih belum begitu sadar tentang pengelolaan sampah. Terutama adalah pengelolaan sampah dari rumah tangga.

“Sebenarnya kalau mau mengelola sampah, itu bisa dijadikan sumber ekonomi di masing-masing rumah tangga,” kata Andi Sabtu (25/9/2021).

Untuk mengawalinya, ia sudah memberikan tempat sampah yang bisa digunakan untuk memilah antara sampah organik dan nonorganik. Salah satu desa yang sudah difasilitasi adalah Desa Kaliombo, di Kecamatan Pecangaan, Jepara.

Khusus sampah nonorganik, bupati memberi perhatian tersendiri. Baginya, bila sampah nonorganik dibirakan begitu saja, itu akan sangat berbahaya bagi lingkungan.

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk memanfaatkannya menjadi barang bernilai ekonomis. Seperti kerajinan tangan atau barang-barang lain.

“Misalnya ada botol air mineral dari plastik. Bisa dikumpulkan, ada yang membeli. Nanti bekerja sama dengan bank sampah,” ujar Andi.

Baca: Warga Kudus Bisa Tukar Sampahnya Jadi Emas di Bank-Bank Sampah Kota Kretek

Ia menyebut, salah satu desa yang sudah menerapkan sistem pengelolaan sampah itu adalah di Desa Srobyong, Kecamatan Mlonggo, Jepara.

Pengelola bank sampah bekerja sama dengan masyarakat, jika ada sampah rumah tangga yang sudah terkumpul sesuai kapasitas tertentu, pihak bank sampah akan mengambil dan menggantinya dengan telur.

Sejauh ini, Andi sudah memberikan sejumlah alat untuk mengoptimalkan kerja-kerja pengelolaan sampah. Seperti alat pencacah sampah dan motor roda tiga.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...