Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Wajib Vaksin, Wisatawan Karimunjawa Makin Banyak

Petugas memeriksa penumpang yang mau menyeberang ke Karimunjawa. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Setelah resmi dibuka, wisatawan yang datang ke Karimunjawa semakin hari semakin banyak. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara pun mengantisipasi dengan kemungkinan adanya penularan virus Covid-19 di lingkungan itu.

Kabid Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Jepara Suroto, mengatakan saat ini pihaknya tidak hanya memprioritaskan surat rapid tes sebagai syarat utama wisatawan yang ingin masuk ke Karimunjawa.

Tetapi, kini pihaknya mewajibkan semua calon wisatawan harus sudah divaksin Covid-19.

“Hari ini surat edaran sudah kami keluarkan. Siapapun yang mau ke Karimunjawa harus sudah tervaksin. Itu dibuktikan dengan sertifikat vaksinasi Covid-19,” kata Suroto, Jumat (24/9/2021).

Suroto menyampaikan, sebelumnya kapasitas penumpang kapal dibatasi hanya 50 persen. Kini, kapasitasnya ditambah menjadi 70 persen.

Penambahan itu, lanjut Suroto, lantaran banyaknya calon wisatawan yang mengantre untuk berwisata ke Karimunjawa.

Pantauan MURIANEWS, hari ini penumpang kapal penyeberangan didominasi wisatawan dari luar Jepara.

“Wisatawan yang sudah waiting list itu sudah banyak. Tapi tetap kami tidak bisa memberangkatkan semua. Jumlah penumpang kapal tetap 70 persen dari kapasitas kapal. Jadi ya, maksimal sekitar 248 orang saja,” terang Suroto.

Baca: Mau Piknik ke Karimunjawa? Ini Syarat yang Harus Kamu Bawa

Selain menambah kapasitas penumpang, Suroto juga menambah jadwal penyeberangan. Sebelumnya, penyeberangan hanya dilakukan dua kali dalam sepekan.

Sementara, saat ini penyeberangan ditambah lagi pada hari Sabtu. Kapal Ekspress Bahari akan menjalankan pelayaran pulang-pergi (PP) pada hari itu.

“Hari Sabtu pagi Ekspress Bahari berangkat dari Karimunjawa ke Jepara. Nanti langsung kembali lagi ke sana. Dan akan kembali lagi ke Jepara pada Minggu paginya,” ujar Suroto.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...