Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tinggal Sepuluh Kasus Covid di Kudus, Jekulo Full Hijau

Satgas Gabungan Covid-19 saat melaksanakan swab antigen acak di salah satu pusat perbelanjaan di Kudus, beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Kudus per Jumat (24/9/2021) pagi menurun menjadi sepuluh orang. Atau berkurang dua orang setelah pada hari sebelumnya berjumlah 12 orang.

Dua pasien tersebut dinyatakan sembuh. Sementara kemarin tidak ada penambahan kasus baru maupun kasus kematian.

“Sehingga kini sisanya sepuluh orang. Satu dirawat di rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 sementara sembilan lainnya menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo.

Sementara secara akumulasi, jumlah kasus Covid-19 di Kota Kretek sendiri kini berada di angka 16.818 orang. Dengan keterangan, 15.426 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 1.382 meninggal dunia.

“Sepuluh sisanya adalah pasien aktif yang kini sedang menjalani perawatan,” kata Badai.

Dengan statistik kasus tersebut, Kabupaten Kudus kini berstatus zona kuning penularan Covid-19 atau memiliki risiko rendah.

Satu kecamatan, yakni Kecamatan Jekulo pun telah berstatus full zona hijau, atau tidak memiliki kasus aktif Covid-19.

“Sementara delapan kecamatan lainnya enam berstatus kuning, yakni Kecamatan Undaan, Jati, Kota, Gebog, Kaliwungu, dan Bae. Kemudian dua kecamatan yakni Dawe dan Mejobo berstatus oranye,” ujarnya.

Meski kasus melandai, pihaknya mengingatkan kepada semua warga Kudus untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Yakni memakai masker ketika berada di luar ruangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Hal tersebut dikarenakan, wabah virus Covid-19 di Kabupaten Kudus masih belum rampung.

“Kami ingatkan untuk terus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, jangan sampai lengah dan jangan sampai terlena,” jelasnya.

Baca: Wisata di Kudus Belum Terapkan PeduliLindungi

Sementara Camat Jekulo Wisnubroto Purnawarman Jayawardana mengungkapkan pihaknya kini terus menggencarkan sosialisasi protokol kesehatan di fasilitas publik. Seperti mencuci tangan yang baik, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Sejumlah kegiatan yang berpotensi mengundang kerumunan juga terus dimonitoring dan dipantau. Pembatasan-pembatasan untuk mencegah penularan juga akan diterapkan guna menjaga status zona hijau di kecamatan tersebut.

“Selain menegakkan prokes, kami juga terus menggencarkan vaksinasi di Jekulo karena tak bisa dipungkiri belum semua warga Jekulo sudah divaksin, karena itu kami imbau warga tetap berprokes dan mau divaksin,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...