Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Jepara Ajak Tokoh Agama Jadi Duta Vaksinasi Covid-19

Pelaksanaan vaksinasi di salah satu SMP di Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Bupati Jepara Dian Kristiandi menggandeng tokoh agama untuk menjadi duta vaksinasi di Kabupaten Jepara. Mereka diharapkan ikut membantu pemerintah dalam memberikan pemahaman yang benar terkait program vaksinasi ini.

“Kami mengajak kepada bapak dan ibu untuk menjadi duta vaksinasi. Dorong masyarakat agar bersedia vaksin. Saya minta tolong ingatkan di lingkungan masing-masing yang belum vaksin untuk segera ikut vaksin,” kata Andi, Kamis (23/9/2021).

Ia menyampaikan, pemerintah daerah telah berupaya menyediakan fasilitas-fasilitas vaksinasi. Mulai dari Puskesmas, sekolah, tempat wisata, perusahaan, hingga fasilitas umum lainnya.

Bahkan dalam beberapa hari ini, halaman Kantor Sekertariat Daerah (Setda) Jepara juga membuka layanan vaksinasi bagi masyarakat. Semua dilaksanakan agar mereka mudah untuk mendapatkan vaksin. Dengan harapan segera terbentuk herd immunity (kekebalan komunal).

“Saya akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan vaksin di masyarakat. Saya harap para tokoh agama atau tokoh masyarakat mendorong warganya agar bersedia untuk vaksin,” ujar Andi.

Saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Jepara dosis satu baru tercapai 26 persen. Sedangkan untuk dosis dua baru 13 persen.

Namun khusus untuk wilayah Karimunjawa yang dijadikan sebagai percontohan, sudah mencapai hampir 100 persen.

Diketahui, pada awal-awal pelaksanaan vaksinasi, sebagian besar masyarakat Jepara nyaris tidak mau mengikuti vaksinasi Covid-19.

Alasannya beragam. Mulai dari takut disuntik sampai termakan kabar bohong bahwa vaksin itu amat berbahaya bagi diri mereka.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, berangsur-angsur masyarakat mulai mau vaksinasi. Bahkan kini mereka sudah menganggap bahwa vaksin Covid-19 sangat penting dan menjadi kebutuhan.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...