Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Seniman di Kudus Kenalkan Kota Kretek Melalui Lukisan

Lukisan Menara Kudus yang dibuat untuk menyambut HUT Kudus ke-472. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kudus ke-472 juga dimeriahkan oleh dua orang pelukis di Kota Kretek. Mereka yakni Muhammad Noor Samsul Huda (39) dan kakak iparnya Ahmad Ahid (48).

Dari pantauan MURIANEWS, mereka berdua melukis di bawah pohon beringin Taman Menara Kudus, Kamis (23/9/2021). Sejumlah hasil lukisan juga dipamerkan di berbagai sudut di tempat tersebut.

Mulai lukisan Menara Kudus tempo dulu, lukisan Menara Kudus zaman sekarang, lukisan kaligrafi, air terjun, hingga lukisan Bupati Kudus HM Hartopo.

Huda mengatakan, kegiatan melukis di tempat terbuka itu, sebagai tanda bahwa seni lukis di Kabupaten Kudus telah kembali bangkit. Sebab, beberapa waktu terakhir pameran lukisan selalu terbentur pandemi.

“Sesuai tema HUT, yakni Kudus bangkit, sehingga kami pegiat seni lukis juga harus bangkit dari pandemi,” katanya.

Ia mengaku sengaja menggelar acara melukis dan memamerkannya di tempat terbuka. Sehingga, bisa bermanfaat dan mengedukasi bagi masyarakat melalui seni lukis dan menampilkan arsitek-aristek budaya yang ada di Kota Kretek.

“Intinya kegiatan ini kami harapkan bisa menjadikan efek positif untuk masyarakat di Kudus hingga bisa dijadikan edukasi pendidikan,” jelasnya.

Baca: Bungah Terima Lukisan yang Ditipkan ke Ganjar, Megawati: Pak Joko Maturnuwun

Lukisan Menara Kudus, jadi lukisan yang paling mendominasi terlihat di even tersebut. Sebab, bangunan Menara Kudus sendiri memliki banyak makna dan telah dikenal di kancah internasional.

“Arsitektur Menara Kudus itu yang terbaik, di samping itu juga nilai-nilai budaya dan sejarahnya yang cukup banyak. Apalagi Sunan Kudus dulunya sosok yang sangat religius, namun juga memiliki toleransi tinggi untuk umat beragama,” jelasnya.

Sementara Ahid menyebut, even tersebut juga bertujuan untuk membangkitkan jiwa seni dan kreativitas masyarakat. Selain itu, juga untuk memperkenalkan budaya hingga pariwisata di Kudus melalui sebuah lukisan.

“Ini salah satu upaya kami untuk memperkenalkan Kudus melalui sebuah lukisan, sehingga juga bisa membangkitkan perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...