Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lomba Menarik Digelar SMP Ini Meriahkan HUT Kudus

Siswa SMP 1 Kudus berpakaian adat kudusan tengah mengikuti lomba. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kudus ke-472, SMP 1 Kudus menggelar sejumlah perlombaan untuk siswanya.

Mulai dari lomba rangking satu, lomba menggambar doodle art, lomba penataan kelas, hingga lomba kostum kudusan.

Yang cukup unik, perlombaan tersebut mengusung tema tentang Kabupaten Kudus.  Berbagai perlombaan tersebut pun digelar secara terbatas dan protokol kesehatan ketat.

Kepala SMP 1 Kudus Ahadi Setiawan mengatakan, bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Kudus SMP 1 Kudus meniadakan proses pembelajaran umum. Sejumlah kegiatan perlombaan yang bisa menambah pengetahuan, semangat, mengajarkan kebersihan, dan mengenalkan Kudus jadi penggantinya.

“Ini sebagai hiburan dan untuk memeriahkan tepat di hari Jadi Kabupaten Kudus. Siswa juga akan memiliki rasa semangat dengan variasi pembelajaran yang kami gelar dengan sistem perlombaan ini,” katanya Kamis (23/9/2021).

Sementara Humas SMP 1 Kudus Hasan Sunarto menjelaskan, setiap cabang perlombaan diikuti beberapa perwakilan Kelas.  Seperti lomba rangking satu hanya diikuti empat siswa perwakilan setiap kelas, dan menggambar doodle art satu kelas satu siswa.

“Untuk penataan kelas dan kostum kudusan diikuti semua siswa tapi tetap kami bagi menjadi dua sesi seperti pembelajaran dihari biasa,” ucapnya.

Lomba doodle art sendiri, lanjut dia, akan menjadi salah satu perlombaan yang cukup unik. Siswa diminta untuk berkreativitas menggambar doodle art dengan tema sesuai HUT Kabupaten Kudus ke-472.

“Tulisan ucapan HUT Kudus ke-472 menjadi inti yang ada di doodle art yang dibuat siswa.  Dengan ekspresi gambar doodle art bebas dan mencerminkan dengan HUT Kudus dengan menyandingkan icon-icon Kudus, sperti gerbang Kota Kretek hingga menara Kudus,” ujarnya.

Kemudian, untuk  lomba rangking satu juga bertujuan untuk menambah pengetahuan siswa tentang budaya, sejarah, makanan khas, seni, hingga kearifan lokal Kudus melalui berbagai pertanyaan yang disuguhkan.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...