Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PTM Sekolah Pinggiran di Kudus Rawan Abai Prokes

PTM di salah satu SD di Kabupaten Kudus yang telah menerapkan prokes. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Sekolah-sekolah di Kabupaten Kudus telah menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas. Meski demikian, dari pantauan Pemkab Kudus masih banyak sekolah yang cenderung abai terhadap protokol Kesehatan (prokes).

Bupati Kudus HM Hartopo menyebut jika banyak sekolah terutama di daerah pinggiran Kudus yang sering melanggar penerapan protokol kesehatan saat PTM. Seperti dalam penggunaan memakai masker, dan jaga jarak.

Padahal, dalam aturan yang ditetapkan Pemkab Kudus selama PTM berlangsung, semua sekolah wajib memiliki Satuan Tugas (Satgas) yang berfungsi mengawasi penerapan protokol kesehatan. Sehingga bisa meningkatkan kedisiplinan dalam berprokes.

“Kemarin di salah satu sekolah di daerah Kajar, Dawe sana, bapak-ibu gurunya malah yang tidak pakai masker,” kata Hartopo, Kamis (23/9/2021).

Hartopo pun mengaku menyayangkan temuan itu. Menurutnya, ketiga guru saja tidak memakai masker, lalu bagaimana bisa menyosialisasikan kepada muridnya.

“Terus bagaimana caranya mereka mengingatkan murid kalau sendirinya tidak pakai,” ujar Hartopo.

Baca: Klaster MTs di Jepara Terungkap dari Vaksinasi, Ini Kronologinya

Atas temuan itulah pihaknya akan segera membentuk Satgas yang bertugas untuk memantau pelaksanaan PTM di Kota Kudus.

Sehingga ketika ditemukan hal seperti ini lagi, PTM di sekolah tersebut atau bahkan se-Kudus bisa dievaluasi dengan cepat.

Langkah tersebut juga diharapkan bisa mencegah munculnya klaster penularan Covid-19 di lingkungan siswa sekolah maupun guru.

Hartopo, juga mewanti-wanti semua sekolah di Kota Kretek yang melaksanakan PTM untuk memperketat protokol kesehatannya. Walaupun belum ada penularan Covid-19 saat prosesi pembelajaran tatap muka.

Baca: Puluhan Siswa Terpapar Covid, PTM Seluruh Sekolah di Jepara Dihentikan Lagi

Sekolah-sekolah yang kini menjalankannya simulasi pembelajaran tatap muka pun diminta untuk menjalankan peran Satgas Covid-19 sekolahnya secara maksimal.

“Satgas harus berperan sangat maksimal, mereka punya tanda sendiri supaya murid mengenali semua, tugasnya menyeleksi melakukan skrining kesehatan pada murid yang masuk,” tegas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...