Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Nama Habib Ja’far Alkaff Dijadikan Nama Jalan di Sebelah Masjid Agung Kudus

Pencanangan Jalan Habib Ja’far Al Kaff di utara Masjid Agung Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Nama jalan di sebelah utara Masjid Agung Kudus, akan berubah nama. Jalan yang semula bernama Jalan Masjid itu kini berubah menjadi Jalan Habib Ja’far Al Kaff.

Pencanangan dan sosialiasi perubahan nama jalan ini mulai dilakukan Pemkab Kudus, bertepatan dengan HUT ke-472 Kota Kudus, Kamis (23/9/2021).

Tanda Jalan Habib Ja’far Al Kaff, juga telah dipasang di sebelah tanda Jalan Masjid yang telah terpasang lebih dahulu di pojok Masjid Agung itu.

“Saat ini masih berproses, ini hanya bentuk sosialisasi dan pencanangan saja. Karena memang aturannya lima tahun setelah meninggal (tokoh yang dipakai untuk nama jalan, red) baru bisa untuk diterapkan,” kata Bupati Kudus HM Hartopo, Kamis (23/9/2021).

Hartopo mengatakan, pengubahan nama jalan tersebut, merupakan usulan dari keluarga Habib Ja’far Al Kaff. Kemudian Pemkab Kudus melakukan kajian terkait hal itu.

Pemkab lanjut Hartopo, kemudian menyutujui usulan tersebut. Dengan pertimbangan, Habib Ja’far merupakan alim ulama yang dikenal di seluruh pelosok negeri.

Serta yang menjadi penguat adalah Habib Ja’far merupakan kelahiran asli Kota Kretek. “Beliau sangat kharismatik dan dikenal banyak kalangan,” kata Hartopo.

Baca: Kisah Habib Ja’far Alkaff yang Prediksi Masa Depan Gus Dur Jadi Presiden

Penggunaan nama Habib Ja’far, sambung Hartopo, adalah juga sebagai bentuk penghormatan Pemkab Kudus kepada mendiang. Terlebih jika diingat kiprahnya di Kudus maupun di tingkat nasional juga lumayan banyak.

“Biar nanti anak cucu kita nanti bisa mengerti dan tahu siapa itu Habib Ja’far dan bisa terus ada di hati kita masing-masing,” jelas dia.

Dalam pencanangan sendiri, perwakilan keluarga Habib Ja’far Al Kaff mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kudus yang telah mengabadikan nama Habib Ja’far untuk nama jalan di Kudus.

Ulama karismatik Habib Ja’far Al Kaff sendiri wafat pada Jumat (1/1/2021) di Rumah Sakit Tentara Kesdim IV/Samarinda

Baca: Habib Musthofa bin Habib Ja’far Assegaf Meninggal saat Baca Maulid, Prosesi Pemakaman Hanya Keluarga Inti

Wafatnya Habib Ja’far bin Muhammad Al Kaff saat itu menyisakan duka yang dalam untuk berbagai pihak. Terbukti dengan banyaknya karangan bunga yang dikirim berbagai pihak ke rumah duka di Jalan Pangeran Puger, Desa Demaan, Kecamatan Kota, Kudus.

Bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pun ikut mengirim karangan bunga ucapan turut berduka cita.

Tak hanya itu, Wakil Presiden KH Makruf Amin, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Kapolri dan Wakapolri, hingga berbagai perusahaan seperti Sukun Group juga ikut mengirim karangan bunga.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...