Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tiga Juta Masker Dikirim Untuk PON Papua

Sebanyak 3 juta masker dikirim untuk kebutuhan PON XX Papua. (BNPB/Okezone)

MURIANEWS, Jakarta- Sebagai bagian penanganan pandemic covid-19 di arena PON XX Papua, BPPB mengirimkan tiga juta masker. Penyediaan masker dalam jumlah banyak tersebut dilakukan dalam upaya penguatan penerapan protokol kesehatan di arena PON.

Masker yang dikirimkan BNPB rencananya akan dibagikan untuk masyarakat, penonton pertandingan dan para atlet yang terlibat. Dalam rencananya, BNPB juga akan mengoperasionalkan mobil masker untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas.

Selain masker, bantuan lain juga diberikan BNPB untuk memastikan keamanan di tengah pandemi, adalah 3.000 boks antigen dan hand-sanitizer 500 ribu botol. Pada tataran pelaksanaan, BNPB akan bekerja sama dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional dan daerah.

BACA JUGA: Pemerintah Izinkan Penonton Saksikan PON XX Papua, Ini Syaratnya

Mitra terkait lain di wilayah Papua juga akan dilibatkan untuk membantu dalam pendistribusian logistik tersebut. Lainnya, BNPB juga menyiapkan dan melatih para relawan daerah untuk mengedukasi maupun memonitor masyarakat untuk disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

Dalam rapat koordinasi BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Kepala BNPB yang sekaligus Ketua Satgas Nasional Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito, meminta dukungan dari semua pihak. Ini dibutuhkan untuk memperlancar penyelenggaraan PON XX di Papua.

“Kesiapan setiap individu yang terlibat, dalam menghadapi ancaman bencana selama penyelenggaraan PON XX, dibutuhkan dalam hal ini. BNPB juga telah berkoordinasi dengan BPBD dalam kesiapan personel untuk mendukung kesiapsiagaan, seperti memastikan adanya tanda jalur evakuasi aman dari Covid-19 atau titik kumpul,” ujar Ganip Warsito, seperti dilansir dari Okezone, Rabu (22/9/2021).

Sampai Rabu (22/9/2021), sebagian bantuan logistik telah tiba di Papua. Pendistribusian bantuan akan diberikan kepada wilayah-wilayah tempat penyelenggaraan PON XX, seperti di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupatan Mimika dan Kabupaten Merauke.

BNPB juga mengirimkan logistik berupa tenda keluarga, velbed, tenda gerai dan beberapa bantuan logistik pendukung. PON XX Papua 2021 tersebut akan menggelar kompetisi untuk 37 cabang olahraga.

Lebih dari 6.000 atlet dan 3.000 orang official tim dan pelatih akan ikut ambil bagian. Stadion Lukas Enembe di Sentani Timur, Jayapura akan menjadi pusat penyelenggaraan PON XX, yang berlangsung 2 hingga 15 Oktober 2021 mendatang.

Penulis: S Budi Santoso
Editor: S Budi Santoso
Sumber: Okezone

Comments
Loading...