Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kandang Terbakar, 20 Ribu Ayam di Medani Grobogan Hangus

Petugas damkar sedang melakukan pemadaman kebakaran yang menimpa kandang ayam. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Kebakaran menimpa sebuah kandang ternak ayam pedaging di Desa Medani, Kecamatan Tegowanu, Grobogan, Rabu (22/10/2020).

Kandang ayam tersebut diketahui milik Suparno (59), warga setempat. Saat kejadian, di dalam kandang berukuran 8×70 meter itu berisi puluhan ribu ekor ayam.

Beruntung, kebakaran yang berlangsung saat subuh atau sekitar pukul 04.00 WIB itu tidak sampai menimbulkan korban manusia, baik jiwa maupun luka-luka.

Meski demikian, bangunan dan puluhan ribu ekor ayam yang ada di dalam kandang hangus dilalap si jago merah.

“Dalam kandang ada sekitar 20 ribu ekor ayam umur satu minggu. Tafsir kerugian material diperkirakan sekitar Rp 500 juta,” kata Camat Tegowanu Yunus Suryawan.

Menurutnya, kebakaran itu kali pertama diketahui oleh Mahmud (37) dan Tansini (40), dua penjaga kandang ayam yang saat itu sedang bekerja. Saat itu, keduanya melihat ada percikan api pada alat penghangat kandang.

“Dalam waktu singkat, api sudah membesar dan membakar bangunan kandang. Kedua penjaga itu berteriak minta tolong warga,” ungkapnya.

Baca: 65 Kebakaran di Grobogan Ciptakan Kerugian Rp 8,2 Miliar

Upaya pemadaman yang dilakukan warga tidak bisa maksimal. Amukan si jago merah akhirnya bisa diatasi setelah ada dukungan armada damkar dari Pos Gubug.

Meski demikian, petugas dibantu warga setempat baru berhasil menuntaskan pemadaman api setelah berupaya hampir tiga jam.

“Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Dari keterangan saksi, asal mula api terlihat dari mesin penghangat,” ujarnya.

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...