Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

BLT Buruh Rokok Kudus Bakal Cair Tiga Bulan, Segini Besarannya

Aktivitas produksi di salah satu perusahaan rokok di Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus segera mencairkan dana bantuan langsung tunai (BLT) untuk buruh rokok. Dana bantuan ini akan diambilkan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Pembahasan mengenai Perubahan APBD 2021 yang mencakup tentang BLT ini juga akan segera dilakukan.

“Paling lambat pekan ini, kemarin terhambat memang. Karena terkait data penerima BLT buruh rokok itu, nanti terverifikasi lagi,” ujar Bupati Kudus HM Hartopo, Selasa (22/9/2021).

Nominal yang akan diterima para penerima BLT buruh rokok, lanjut Hartopo adalah sebesar Rp 300 ribu per bulan, dan akan dicairkan selama tiga bulan.

“Kami akan melakukan verifikasi kembali soal jumlah penerimanya, supaya benar-benar tepat sasaran,” katanya.

Dari Persatuan Perusahaan Rokok Kudus (PPRK) sendiri, sambung Hartopo sempat mengusulkan jika semua buruh rokok di Kudus harus menerima BLT tersebut.

Namun, pihaknya kurang sepakat dengan gagasan itu. Mengingat banyak buruh rokok di Kudus yang hidup dalam keadaan yang cukup atau lebih.

“Semua buruh rokok baik borong maupun harian itu tidak semuanya miskin, ada yang punya rumah bertingkat bahkan mobil. Karena itulah perlu diverifikasi lagi dari tim independen di Disnaker maupun Dinsos nanti supaya taka da kecemburuan,” jelasnya.

Baca: Kudus Siapkan Rp 45 Miliar untuk BLT 70 Ribu Buruh Rokok

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Kudus mengalokasikan Rp 45 miliar dari DBHCHT untuk BLT buruh rokok di Kota Kretek.

Jumlah tersebut, diperuntukkan bagi 70 ribu penerima yang merupakan buruh rokok aktif di berbagai pabrik rokok di Kabupaten Kudus.

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Kudus Bergas Catursasi Penanggungan mengatakan, data 70 ribu penerima BLT Buruh rokok tersebut merupakan data terbaru di Dinas Ketenagakerjaan Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...