Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Nol Kasus Covid, 114 Desa di Kudus Zona Hijau

Peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Kudus. (corona.kuduskab.go.id)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 114 desa dari 132 desa di Kabupaten Kudus dinyatakan berstatus zona hijau penularan Covid-19. Di desa-desa tersebut tidak ditemukan atau nihil kasus corona.

Data tersebut diperbaharui per tanggal 21 September 2021 kemarin.

Sementara untuk desa dengan status zona kuning atau risiko penularan rendah, kini terdapat sebanyak 16 desa.

“Sedang yang masih berstatus zona oranye atau penularan sedang kini hanya ada dua desa. Yakni Desa Margorejo di Kecamatan Dawe, dan Desa Besito di Kecamatan Gebog,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo, Rabu (22/9/2021).

Sejumlah desa di Kabupaten Kudus, tambah Badai, beberapa pekan ke belakang memang mengalami perubahan status ke arah yang lebih bagus. Sehingga kini hanya tersisa dua desa yang masih berstatus zona oranye.

Namun, Pemkab Kudus sendiri memiliki target menurunkan status Kabupaten Kudus secara keseluruhan. Saat ini, Kabupaten Kudus masih berstatus zona kuning atau risiko penularan rendah.

“Kami ingin menjadikan Kabupaten Kudus turun sampai zona hijau, sehingga aktivitas masyarakat bisa pulih secara total,” ungkapnya.

Baca: Tersisa Satu Pasien Covid di Rumah Sakit Kudus

Sementara kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Kudus hingga Selasa (21/9/2021) siang tercatat hanya tersisa sebanyak 14 orang. Dari jumlah tersebut, 13 di antaranya dirawat dan satu orang sisanya menjalani perawatan di rumah sakit rujukan.

Sementara untuk akumulasi Covid19 di Kudus tercatat ada 16.820 kasus. Sebanyak 15.424 kasus di antaranya pun sudah dinyatakan sembuh. Kemudian 1.382 meninggal dunia.

Baca: Kudus Antisipasi Munculnya Gelombang Ketiga Covid-19

Selain itu, Kabupaten Kudus juga masih memiliki setidaknya 55 suspek yang kini tengah dalam masa perawatan. Sebanyak 22 di antaranya kini menjalani perawatan di rumah sakit. Sementara 33 sisanya menjalani isolasi mandiri.

“Oleh karena itu protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan. Memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas,” tegasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...