Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ratusan Koperasi di Pati Dianggap Sudah Tak Aktif Lagi

ILUSTRASI

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 347 koperasi di Kabupaten Pati tercatat sudah tidak aktif. Hal itu sesuai data yang ada di Dinas Koperasi dan UMKM Pati.

Alasan tidak aktifnya ratusan koperasi tersebut lantaran mereka sudah tidak melaporkan aktivitas ke Dinkop, termasuk menggelar rapat anggota tahunan (RAT). Sehingga, dalam catatan dinas dianggap sudah tidak beroperasi.

Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) Kabupaten Pati, Dewi Sartina Sari mengatakan, angka ini cukup tinggi atau 50 persen lebih. Mengigat koperasi yang tercatat di ada 626 koperasi.

“Jumlah kopersi 626. Tidak ada 50 persen yang RAT. Yang menjalankan RAT ini menjadi koperasi aktif jumlahnya 279 per Juni 2021. Yang 347 tak aktif,” katanya, Selasa (21/9/2021).

Dari total koperasi yang tidak aktif ini ada 46 koperasi yang bermasalah. Baik mempunyai permasalahan dengan anggotanya maupun mempunyai permasalahan lainnya.

Menurutnya, ada beberapa indikasi koperasi tidak aktif. Di antaranya secara kelembagaan atau tidak melakukan RAT. Kemudian tidak aktif secara usaha dan koperasi yang bermasalah.

“Ada yang tidak aktif kelembagaan tetapi aktif secara usahanya, tidak aktif kelembagaan dan usahanya, serta (koperasi) bermasalah,” ungkap Dewi.

Ia menjelaskan, bila koperasi tidak aktif secara kelembagaan namun aktif usahanya, pihaknya membina agar koperasi ini mengaktifkan kelembagaan dengan mengelar RAT.

“Tetapi kalau tidak aktif secara kelembagaan dan usaha serta tak bermasalah, akan kita usulkan untuk dibubarkan,” lanjutnya.

Dewi mengungkapan pihaknya siap mendampingi koperasi agar selalu aktif dan melaporkan aktivitas kepada pihaknya. Selain itu, pihaknya juga mengadakan pelatihan untuk meningkatkan mutu koperasi.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...