Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Puluhan Peserta Tes SKD di Sukoharjo Dinyatakan Gugur, Ini Penyebabnya

Peserta mengerjakan naskah soal saat pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Sukoharjo di Gedung LPPKS, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Selasa (21/9/2021). (Humas Pemkab Sukoharjo)

MURIANEWS, Sukoharjo — Sebanyak 33 peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Sukoharjo dinyatakan gugur. Gara-garanya mereka tidak mengikuti tes SKD sesi pertama dan kedua sesuai jadwal yang ditentukan.

Ke-33 peserta SKD tersebut diketahui berasal dari peserta yang menggelar SKD di Gedung LPPKS, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Selasa (21/9/2021).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo, Sumini, mengatakan jumlah peserta yang tidak mengikuti tes SKD sesi pertama dan kedua masing-masing 17 orang.

Dengan demikian total jumlah peserta yang tidak mengikuti tes SKD pada dua sesi itu sebanyak 34 orang. Namun ada satu peserta tes SKD sesi kedua yang memberitahukan tak bisa mengikuti seleksi karena menjalani isolasi mandiri di rumah.

Baca: Jika Suhunya Tinggi, Peserta CPNS Kudus Akan Tes di Ruang Khusus

“Kami akan melaporkan ke Badan Kepegawaian Negara [BKN] untuk menentukan jadwal tes susulan. Jadi jumlah peserta yang dinyatakan gugur sebanyak 33 orang,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (21/9/2021).

Sumini menyebut jumlah peserta tes SKD CPNS Sukoharjo yang dinyatakan gugur masih bisa bertambah lantaran ada empat sesi dalam sehari kecuali Jumat hanya dua sesi.

Sesi pertama pukul 08.00-09.40 WIB, sesi kedua pukul 10.30 WIB WIB-12.10 WIB, sesi ketiga pukul 13.00 WIB-14.40 WIB, dan sesi keempat pukul 15.30 WIB-17.10 WIB.

Sementara itu, untuk pelaksanaan tes SKD CPNS Sukoharjo diawali dengan pembukaan ruangan yang dikunci rapat. Pelaksanaan tes SKD menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Setiap peserta wajib melakukan registrasi hingga body checking. Mereka juga diwajibkan memakai masker sesuai ketentuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Ruang tes disemprot disinfektan sebelum digunakan para peserta.

Pelaksanaan tes SKD menggunakan metode computer assisted test (CAT) selama 100 menit per sesi. “Setiap peserta wajib mengisi formulir deklarasi sehat dan wajib dibawa saat pelaksanaan tes SKD. Mereka bakal mendapatkan PIN saat melakukan registrasi sebelum memasuki ruangan tes,” paparnya.

Baca: Polres Sukoharjo Bongkar Penipuan Calo CPNS Hingga Rp 5 Miliar: Uangnya untuk Nyalon Bupati Magetan

Tes SKD CPNS Sukoharjo juga diselenggarakan di dua lokasi lain yakni lokasi mandiri Badan Kepegawaian Negara (BKN) DIY dan UPT BKN Semarang. Kebijakan ini untuk mendekatkan dan memudahkan peserta CPNS dengan lokasi tes SKD.

Waktu pelaksanaan tes SKD di lokasi mandiri BKN DIY pada 12 Oktober-13 Oktober. Sedangkan waktu pelaksanaan tes SKD di UPT BKN Semarang pada 17 September-19 September.

Jumlah peserta tes SKD CPNS Sukoharjo di Gedung LPPKS sebanyak 4.695 orang. Sedangkan jumlah peserta tes SKD di lokasi mandiri BKN DIY sebanyak 1.488 orang dan tes SKD di UPT BKN Semarang sebanyak 520 orang.

“Tahapan selanjutnya seleksi kompetensi bidang [SKB] yang kemungkinan besar juga dilaksanakan di Gedung LPPKS Gondangrejo,” imbuhnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...