Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dana Rp 40 Miliar Disiapkan untuk Milih Bupati Jepara

 

Pekerja tengah melipat surat suara Pilkada. (MURIANEWS/Priyo)

MURIANEWS, Jepara – Gelaran Pilkada 2024 di Kabupaten Jepara memang masing jauh. Tetapi, anggaran untuk pesta demokrasi itu disiapkan jauh-jauh hari.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menyiapkan dana yang cukup besar untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Jepara itu. Yakni mencapai Rp 40 miliar.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengungkapkan, dana itu akan disiapkan mulai 2022.

“Pilkada memang butuh persiapan matang, baik soal data pemilih yang sangat dinamis. Belum lagi soal anggaran tentu akan ada dinamika. Akan tetapi kita komitmen untuk menyiapkan itu,” kata Dian Kristiandi, Senin (20/9/2021).

Berdasarkan kajian Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), anggaran pilkada akan dianggarkan dam tiga tahun anggaran mulai 2022.

“Kami minta KPU untuk melakukan perencanaan yang matang untuk penyelenggaraan pilkada ini, termasuk konsekuensi anggarannya,” Andi.

Baca: Sekda Jepara Blak-blakan Soal Niatnya Maju Pilkada 2024

Sementara itu Ketua KPU Jepara Subchan Zuhrie menyampaikan jika berdasarkan undang-undang, maka pilkada serentak akan digelar pada November 2024.

Meskipun saat ini belum diputuskan tanggal pastinya, namun tahapan akan segera dimulai pada tahun 2022 mendatang.

“Beberapa waktu lalu kita memang sudah mengajukan usulan untuk penyelenggaraan pilkada. Akan tetapi untuk asumsi pilkada dilakukan pada 2022. Sedangkan untuk pilkada 2024 akan kita hitung ulang kebutuhannya, termasuk soal anggarannya,” kata Subchan.

Untuk pilkada tahun 2014, lanjut Subchan, jumlah pemilih diproyeksikan berjumlah 971.589 pemilih dengan jumlah 2.449 TPS.

“Untuk itu kami mohon setelah ini untuk dilakukan pembahasan anggaran dan kita diberikan waktu menyusun kembali rancangan anggaran untuk Pilkada 2024,” jelas dia.

 

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...