Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Emak-Emak di Kudus Diajari Cari Duit dari Batik

Warga Desa Langgardalem mengikuti pelatihan membatik cap di Omah Batik Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 25 ibu-ibu diajak berlatih membatik. Pelatihan membatik itu diselenggarakan di Omah Batik Kudus, Desa Langgardalem RT 04, RW 01, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Senin (20/9/2021).

Pelatihan membatik cap itu merupakan kerja sama antara Pemerintah Desa (Pemdes) Langgardalem dengan pihak Omah Batik Kudus.

Penanggung Jawab Produksi Omah Batik Ku, Muhammad Fadloli menjelaskan, tujuan untuk memberikan bekal kepada peserta untuk menciptakan UMKM batik.

“Pertama untuk mengenalkan batik cap ke masyarakat, khususnya ibu-ibu yang beberapa waktu lalu ikut pelatihan membatik tulis. Hari ini ikut pelatihan membatik cap. Harapannya bisa memunculkan UMKM baru, khususnya batik Kudus,” katanya, Senin (20/9/2021).

Baca: Ada Kisah Nabi Yusuf dalam Batik Bulan Bintang Khas Kudus Ini

Pelatihan itu nantinya berlangsung hingga Selasa (28/9/2021) mendatang. Motif batik yang dikenalkan yakni batik pesisiran.

“Sesuai batik khas Kudus yang memang polanya batik pesisiran. Untuk pewarnaannya soga seperti batik keraton,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan membatik asal Desa Langgardalem, Airin Ariani mengaku tidak kesulitan mengikuti pelatihan. Menurutnya membatik cap lebih mudah ketimbang membatik tulis.

Dia pin tetap tertarik untuk mengikuti pelatihan membatik ini. Bahkan dia ingin membuka usaha batik selepasnya. “Setelah ikut pelatihan mungkin mau buka usaha batik sendiri,” imbuhnya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...