Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

IAIN Kudus Gelar Vaksin untuk Seribuan Mahasiswanya

Vaksinasi dosis pertama bagi mahasiswa IAIN Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS,Kudus  – Pemerintah terus menggalakkan program percepatan vaksinasi Covid-19 dengan menggandeng sejumlah pihak. Salah satunya IAIN Kudus yang menggelar vaksinasi Covid-19 untuk seribuan mahasiswanya, Senin (20/9/2021).

Vaksinasi yang dilakukan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus rencananya akan dilaksanakan selama dua hari Senin-Selasa (20-21/9/2021) di Gor IAIN Kudus.

Rektor IAIN Kudus Dr H Mudzakir mengatakan, pelaksanaan vaksinasi tersebut sebagai salah satu upaya mendukung percepatan vaksinasi yang digencarkan pemerintah. Sehingga, kekebalan kelompok bisa segera terbentuk.

“Kami kejar seluruh civitas akademika hingga mahasiswa IAIN Kudus agar bisa tervaksin semua. Jadi kekebalan kelompok di lingkup kampus IAIN Kudus juga bisa terbentuk. Kami juga berharap ke depan perkuliahan bisa segera berjalan normal dengan tatap muka,” katanya.

Sementara Wakil Rektor III Dr H Ihsan menjelaskan, vaksinasi yang digelar di IAIN itu, akan menyasar untuk 1.864 dosis pertama bagi mahasiswa. Kampus sendiri sudah mempersiapkan vaksinasi tersebut untuk tiga skala prioritas yang akan didahulukan.

“Vaksin hari untuk semester satu dan tiga, yang sudah mengikuti kuliah model blended, separuh tatap muka dan separuhnya dari rumah secara bergantian,” ujarnya.

Kemudian, mahasiswa semester lima ke atas yang akan segera mengikuti program PPL, PKL, dan KKN. “Baru setelah itu seluruh mahasiswa yang belum termasuk dalam kategori itu. Hari ini kami suntikkan seribu dosis, dan besoknya 864 dosis,” imbuhnya.

Bupati Kudus HM Hartopo juga hadir meninjau vaksinasi yang dilakukan di IAIN Kudus. Hartopo mengapresiasi pihak kampus yang telah memfasilitasi mahasiswa untuk bisa segera tervaksin.

Mahasiswa, lanjut Hartopo juga harus memahami tentang Covid-19, cara penularan, hingga cara pencegahannya. Sehingga, ketika mahasiswa sudah paham, otomatis disiplin protokol kesehatan akan terlaksana maksimal.

“Semua harus paham terkait virus Covid-19. Ini bisa membantu memutus penyebaran virus Covid-19 dan program pemerintah agar herd immunity atau kekebalan kelompok bisa segera tergapai. Karena Kudus juga menargetkan vaksinasi minimal bisa tercapai 50 persen,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...