Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Blora Lepas 18 Calon Mahasiswa PEM Akamigas Cepu

18 calon mahasiswa PEM Akamigas Cepu berfoto bersama Bupati Blora sebelum diberangkatkan ke asrama. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Bupati Blora Arief Rohman melepas keberangkatan 18 calon mahasiswa Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu, Minggu (19/9/2021). Kedelapanbelas mahasiswa asal Blora itu mendapatkan program beasiswa dari Pemkab Blora.

Pemberangkatan dilangsungkan di komplek Kantor Bupati Blora. Sebelum diberangkatkan, mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu itu berkumpul di ruang pertemuan Setda untuk mendapatkan pengarahan dan motivasi. Orang tua mereka turut mendampingi.

Bupati Arief menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan menjalin kerjasama dengan PEM Akamigas. Dengan begitu, Pemrintah Kabupaten Blora bisa memberikan beasiswa kepada pelajar Blora yang berprestasi dan kurang mampu.

“Dulu saya punya cita-cita bagaimana caranya agar anak-anak Blora bisa kuliah di PEM Akamigas untuk menjadi ahli perminyakan dan gas bumi. Masak iya kampusnya ada di Cepu, tetapi mayoritas mahasiswanya dari luar daerah. Justru banyak dari anak-anak para pejabat. Sedangkan warga Blora sendiri hanya sedikit sekali yang bisa kuliah disini karena biaya pendidikannya mahal,” ungkap Bupati.

Oleh sebab itu, setelah dirinya dilantik menjadi Bupati akhir Februari silam, pihaknya langsung melakukan penjajakan kerjasama dengan PEM Akamigas untuk mewujudkan program beasiswa bagi anak-anak berprestasi dan kurang mampu.

“Alhamdulillah setelah melalui berbagai tahapan seleksi, akhirnya ada 18 anak-anak yang berhasil lolos. Kami berpesan agar seluruh yang lolos ini bisa belajar sungguh-sungguh karena semua biaya perkualiahan dibiayai oleh Pemkab kerjasama dengan PEM Akamigas dan BAZNAS Kabupaten Blora. IPK nya harus bagus, minimal cumlaude. Jangan kecewakan para orangtua kalian, akan kami pantau perkembangan prestasi kalian,” ucap Bupati.

Bupati ingin agar 18 calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu ini nantinya bisa lulus tepat waktu dengan IPK memuaskan sehingga dapat bekerja di perusahaan-perusahaan besar dunia, yang bergerak di bidang migas.

“Rajinlah belajar, dan rajinlah berdoa agar lulus tepat waktu dengan prestasi terbaik. Pasti banyak perusahaan besar yang ingin rekrut. Apalagi jika IPK per semester selalu cumlaude pasti sudah diindent perusahaan migas. Minta doa restu orangtua kalian masing-masing, perbanyak tirakat, kalau perlu puasa senin-kamis,” tambah Bupati.

Jika ini berhasil, bukan tidak mungkin tahun depan akan berlanjut pada angkatan selanjutnya dengan program beasiswa yang sama. “Jika 18 mahasiswa ini sukses, nantinya bisa bekerja dengan baik. Secara tidak langsung akan mengangkat kondisi ekonomi keluarga dan kualitas SDM Kabupaten Blora semakin naik,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Blora, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si, menyampaikan bahwa sebelum dinyatakan resmi diterima, pihaknya telah melakukan home visit terlebih dahulu untuk menyurvey kondisi ekonomi keluarga masing-masing calon mahasiswa.

“Sudah kami survey semuanya dan memang mereka ini berasal dari keluarga kurang mampu. Bahkan kemarin ada yang hampir tidak lolos karena tes kesehatannya terlambat. Setelah dicek ternyata belum bisa melakukan tes kesehatan karena tidak punya biaya. Namun akhirnya setelah dikomunikasikan dengan pihak PEM Akamigas masih bisa menyusul,” terang Indah.

Terpisah, Burhanudin Hasan, calon mahasiswa asal Desa Nglungger, Kecamatan Kradenan, mengaku senang bisa lolos untuk mengikuti kuliah program beasiswa yang diberikan Pemkab Blora.

“Maturnuwun Pak Bupati dan jajarannya, jalan impian saya untuk menjadi ahli migas mulai terbuka. Saya berjanji akan bersungguh-sungguh selama kuliah dan berharap ketika lulus nanti dapat bekerja memberikan kontribusi untuk kemajuan Kabupaten Blora,” kata Burhanudin, yang datang didampingi orang tuanya.

Usai pengarahan dari Bupati, seluruh calon mahasiswa diajak foto bersama di halaman kantor Bupati dan dilanjutkan pemberangkatan menuju Kampus PEM Akamigas Cepu. Pemberangkatan dilepas oleh Bupati dengan menggunakan mobil dinas milik Pemkab Blora.

 

Kontributor Blora
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...