Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kesenian Barongan Ikut Meriahkan HUT Kudus

Pentas Seni Barongan yang digelar di Taman Krida Kudus dan ditayangkan virtual melalui youtube (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah pentas kesenian akan digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-472 Kabupaten Kudus. Pentas seni itu digelar secara virtual sejak 12 September 2021.

Nah, pada Minggu (19/9/2021), giliran pentas kesenian barongan Kudus yang menunjukan kebolehannya. Pementasan kesenian daerah ini dilaksanakan di Taman Krida Kabupaten Kudus dan disiarkan secara virtual di kanal YouTube Disbudpar Kudus.

Menurut, Ketua Paguyuban Kesenian Barongan (Paseban) Kudus, Ahmadi ada 32 kelompok kesenian barongan yang tergabung di Paseban Kudus. Dengan pementasan secara virtual itu, dia berharap para pelaku kesenian barongan bisa menunjukan eksistensinya sehingga masih bisa dilestarikan meskipun pandemi Covid-19 masih melanda.

“Di pentas ini, kami bermain gabungan yang kebanyakan diperankan langsung oleh ketua masing-masing kelompok seni barongan, dan beberapa anggotanya,” katanya, Minggu, (19/9/2021).

Dalam pentas itu, beberapa tarian kesenian barongan dipertontonkan, seperti tari bondan barongan, tari jaran kepang, hingga tari jaran dor. “Selain Barongan, kami juga tampilkan penthul dan tembem, topeng bondhetan (anjing), topeng celengan (babi hutan, gendruwon kembar, sampai jaran kepang. Topik Gembong Kamijoyo yang kami bawakan di pentas HUT Kudus kali ini,” imbuhnya.

Sementara Kasi Sentradasa Disbudpar Kudus Bambang Widiharto, pementasan seni barongan tersebut merupakan serangkaian acara yang digelar untuk menyambut HUT Kudus. Kali ini, pementasan seni barongan berdurasi kurang lebih satu setengah jam.

“Ini inisasi dari teman-teman Seniman Barongan yang ingin memeriahkan hari jadi Kabupaten Kudus ke-472, meski kondisi pandemi yang mengharuskan pentas digelar secara virtual,” ujarnya.

Pentas seni virtual tersebut, lanjut dia, bertujuan untuk mewadahi Seniman di Kudus agar bisa tetap berkarya di saat pandemi. Sehingga, masyarakat Kota Kretek pun juga bisa turut melestarikan kesenian barongan.

“Di hari jadi Kudus para Seniman juga ingin tetap nguri-uri menjaga kesenian Barongan agar tetap eksis. Dan salah satunya melalui pentas virtual untuk tetap bisa menampilkan seni barongan,” ucapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...