Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Operasi Kapal Pengayoman IV yang Tenggelam di Perairan Cilacap Resmi Ditutup

Kapal Pengayoman IV tenggelam di Cilacap. (Foto: Basarnas Cilacap)

MURIANEWS, Cilacap – Operasi SAR Kapal Pengayoman IV resmi ditutup Basarnas, Jumat (17/9/2021) kemarin petang. Penutupan operasi tersebut setelah ketujuh penumpang berhasil ditemukan.

Dari tujuh penumpang tersebut, dua di antaranya dinyatakan meninggal dunia. Sementara lima lainnya ditemukan selamat dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca: Kapal Penyebrangan ke Nusakambangan Tenggelam di Perairan Cilacap

“Dengan ditemukannya seluruh korban dan telah disepakati bersama semua pihak secara resmi untuk operasi SAR dinyatakan ditutup dan semua unsur dikembalikan ke kesatuannya masing-masing,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, I Nyoman Sidakarya, dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (17/9/2021) malam.

Nyoman menuturkan Kapal Pengayoman IV yang tenggelam di sekitar Dermaga Wijayapura menuju Dermaga Sodong Nusakambangan ditumpangi oleh tujuh penumpang beserta kru.

Dia menyebut dua anak buah kapal (ABK) yang tewas jenazahnya sudah diserahkan ke pihak keluarga.

“Sebelumnya upaya pencarian dan penyelaman sudah kita lakukan di sekitaran lokasi terbaliknya kapal tersebut untuk memastikan tidak adanya tanda-tanda korban jiwa,” tambahnya.

Baca: Tenggelam, Dua ABK Kapal Pengayom IV Meninggal Dunia

Seperti diketahui , kapal Pengayoman IV ini tenggelam Jumat (17/9/2021) sekitar pukul 08.45 WIB. Kapal yang tenggelam ini terbalik saat hendak melakukan manuver.

“Kapal Pengayoman IV berangkat dari Dermaga Wijayapura Cilacap pukul 08.45 WIB menuju Dermaga Sodong Nusakambangan dengan membawa 2 truk, di tengah perjalanan ± 1,8 Km dan akan melakukan manuver sandar, diduga kapal terhantam angin dan arus kemudian kapal terbalik dan tenggelam,” kata Nyoman seperti dikutip Detik.com.

Tim SAR gabungan juga sempat mengerahkan penyelam ke sekitar lokasi tenggelamnya kapal. Jalur traffic di sekitar lokasi tenggelamnya Kapal Pengayoman IV juga sempat ditutup untuk proses evakuasi.

Baca: Tim SAR Kerahkan Penyelam Evakuasi Kapal Pengayoman IV

Dari data Basarnas Cilacap disebutkan ada tujuh orang dalam kapal tersebut yakni seorang nakhoda, dua ABK serta lima orang lainnya adalah sopir truk, petugas lapas dan seorang penumpang.

Ketujuh orang tersebut, lima di antaranya dilaporkan selamat sedangkan dua orang meninggal. Saat ini para korban telah dibawa ke RSUD Cilacap.

Berikut ini nama-nama ABK dan seluruh penumpang dalam Kapal Pengayoman IV saat tenggelam di perairan Cilacap tersebut:

Korban selamat:

– Subagyo Antoro (nakhoda kapal)
– Diki (ABK)
– Melga (ABK)
– Suheris (sopir truk)
– Sulianto (penumpang)

 

Korban meninggal:

– Wahyu (petugas lapas)
– Kardim (sopir truk)

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...