Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Baru Dibuka Pendaftaran Vaksin Rabies di Kudus Langsung Penuh

Seekor kucing domestik tengah makan. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Warga Kudus ternyata antusias mendaftarkan kucing atau anjing kesayangannya untuk mengikuti vaksinasi rabies gratis yang akan digelar 28-30 September 2021. Alhasil, usai disosialisasikan, beberapa jam setelahnya kuota sudah terpenuhi.

Vaksinasi yang digelar Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus itu, menyiapkan seratus dosis vaksin rabies gratis.

Kasi Produksi dan Kesehatan Hewan Dispertan Kudus Sidi Pramono mengatakan, vaksinasi rabies gratis itu digelar untuk menyambut Hari Rabies Sedunia 28 September 2021. Pihaknya merasa kaget melihat antusias masyarakat Kudus yang sangat tinggi mengikuti vaksin rabies gratis.

“Saya sendiri heran melihat antusias warga, tidak ada lima jam setelah leafleat disosialisasikan kuota sudah penuh, pendaftarannya melalui WA. Ini memang vaksinasi rabies gratis yang baru pertama kali kami gelar,” katanya, Sabtu  (18/9/2021).

Ia menjelaskan, masyarakat yang mendaftarkan kucing atau anjingnya untuk mengikuti vaksinasi rabies gratis wajib berdomisili di Kudus. Satu orang pemilik juga diberi batas maksimal mendaftarkan lima ekor kucing atau anjing.

Selain itu, peliharaan yang didaftarkan harus sudah berusia minimal enam bulan. Kemudian, juga tidak disarankan jika kucing atau anjing tersebut dalam kondisi bunting.

“Saat akan divaksin, hewan harus dalam kondisi sehat, baik temperatur suhu tubuh antara 38-39, 5 derajat celsius, nafsu makan baik, tidak diare, batuk, bersin atau terjangkit parasit seperti cacing dan kutu,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...