Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kota Semarang Bakal Punya Empat Rumah Sakit Baru, Salah Satu RS MAJT

Ilustrasi

MURIANEWS, Semarang – Dinas Kesehatan Kota Semarang mencatat bakal ada tambahan empat rumah sakit di kota lumpia. Keempat rumah sakit ini diharapkan bisa membuat pelayanan kesehatan di Kota Semarang semakin maksimal.

Keempat rumah sakit baru yang akan segera berdiri di Kota Semarang itu yakni RS Akademi Kepolisian (Akpol), RS Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), RS Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), dan RS Primaya, yang dulunya sempat menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr M Abdul Hakam menyambut baik penambahan rumah sakit baru tersebut. Menurutnya jumlah rumah sakit yang dimiliki saat ini masih kurang.

Baca: Ribuan Ibu Hamil di Kota Semarang Mulai Divaksin

”Hal itu terlihat dari kenyataan pada saat kasus Covid-19 naik, sejumlah rumah sakit dan tenaga kesehatan masih kewalahan mengatasi lonjakan pasien,” katanya seperti dikutip dari Laman Pemkot Semarang, Jumat (17/9/2021).

Hakam menyebutkan Kota Semaramg saat ini memiliki 18-20 rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19. Dengan jumlah tersebut, kapasitas rumah sakit memang mencukupi jika hanya untuk merawat pasien dari Kota Semarang.

Namun kerena menjadi rujukan dari berbagai daerah, membuat beberapa rumah sakit di Kota Semarang bahkan penuh.

“Kita punya banyak rumah sakit 18-20. Tapi begitu ada tsunami Covid yang kemarin terjadi ternyata jumlahnya masih kurang. Selain itu, dari sisi SDM misalnya isoter sampai buka relawan. Bahkan kami sudah sampaikan ke temen temen akademisi untuk membuka fakultas kesehatan dan kedokteran,” jelasnya.

Baca: Pembelajaran Tatap Muka di Kota Semarang Dimulai 30 Agustus, Termasuk TK dan SD

Pihaknya mengaku sangat bersyukur banyak pihak yang bersedia membangun rumah sakit di Kota Semarang. Bahkan akan ada lagi tambahan rumah sakit baru namun saat ini masih dalam proses administrasi.

“Kita bersyukur banyak investor yang mau bangun rumah sakit di Kota Semarang. Bahkan masih ada investor baru yang mau bikin rumah sakit lagi, tapi ini masih dalam proses administrasi,” Imbuh Hakam.

Tidak hanya melibatkan pihak ketiga, Pemerintah Kota Semarang saat ini juga sedang membangun fasilitas kesehatan baru yakni RSUD Tipe D di Kecamatan Mijen.

Bahkan Hakam yakin seluruh pembangunan RSUD Mijen bisa selesai tahun depan, agar bisa secepatnya  dimanfaatkan oleh masyarakat.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...