Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dua Warga Sukoharjo Ditetapkan Jadi Tersangka Pencemaran Limbah Ciu di Bengawan Solo

Ilustrasi

MURIANEWS, Sukoharjo – Dua warga Polokarto, Sukoharjo ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembuangan limbah ciuciu di Bengawan Solo. Kedua warga tersebut diketahui berinisial J (36) dan H (40).

Penetapan tersangka dilakukan setelah tim Opsnal Tipidter Polres Sukoharjo mendapatkan informasi mengenai pembuangan limbah di wilayah Polokarto.

“Setelah diselidiki, petugas mendapati dua tersangka H dan J melakukan pembuangan limbah dengan sarana dua unit mobil pikap. Kemudian keduanya diamankan beserta barang bukti ke Polres Sukoharjo,” kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy dalam siaran pers, Jumat (17/9/2021).

Iqbal menjelaskan, dalam pengembangan kasusnya, tersangka H dan J membuang limbah dari hasil produksi alkohol di salah satu tempat pengrajin alkohol di Polokarto. H sendiri diketahui sebagai buruh dan J wiraswata.

“Dalam menjalankan aksinya, para tersangka ini ternyata menyedot limbah dari tempat produksi menggunakan alat bertenaga diesel. Mereka pun tak bisa mengelak saat diamankan,” ungkapnya.

Iqbal menambahkan, selain kedua tersangka, petugas juga mengamankan beberapa barang bukti. Di antaranya dua unit mobil, dua tandon air kapasitas 1.000 liter, diesel, selang.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 104 UU RI No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan atau Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan ancaman hukuman penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan pidana denda paling banyak Rp 3 miliar.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...