Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lima Pelaku Curanmor di Pati Dibekuk, Salah Satunya Ditembak

Para pelaku pencurian kendaraan bermotor yang diamankan Polres Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Lima pelaku pencurian motor (curanmor) yang beraksi di wilayah Kabupaten Pati, berhasil diamankan polisi. Bahkan, salah satu di antara pelaku ada yang sempat melakukan perlawanan saat dilakukan penangkapan, sehingga polisi terpaksa menembak untuk melumpuhkan pelaku.

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing mengatakan, lima pelaku ini salah satunya ada yang residivis, yakni inisial M alias Jemblung. Dia sudah melakukan pencurian motor di enam tempat kejadian perkara (TKP), yakni di Pati Kota dua TKP, Wedarijaksa dua TKP, Juwana dan Jaken.

“Saat dilakukan penangkapan, si M ini mencoba melawan petugas, sehingga kami ambil tindakan tegas terarah dan terukur (ditembak) untuk melumpuhkan pelaku. Dia juga residivis,” katanya saat konferensi pers di Mapolres Pati, Jumat (17/9/2021).

Selain M, pelaku lain yakni berinisial RA melakukan pencurian motor di Kayen, dan Wedarijaksa dengan barang bukti dua unit motor.

Kemudian pelaku berinisial AP, SR dan HP yang melancarkan aksinya di wilayah Pati kota. Ketiga tersangka ini mencuri motor dengan modus merusak bagian kunci untuk kemudian dibawa kabur.

“Modusnya beda-beda, ada yang dengan cara merusak kunci motor, ada yang mencuri dari parkiran dan ada yang mencuri di rumah korban,” ujarnya.

Baca: Kapolda Tengarai Ada Oknum Polisi Terlibat dalam Sindikat Motor Bodong di Pati

Kemudian sebanyak sepuluh TKP yang lain merupakan hasil kerja sama pengungkapan kasus bersama dengan Resmob Polda Jateng. Ada dua tersangka yang diamankan, tetapi mereka dibawa ke Polda Jateng beserta dengan barang bukti.

Dari banyaknya kasus curanmor tersebut, lanjut kapolres, paling banyak memang terjadi di pedesaan. Modusnya, tersangka mengambil motor yang kuncinya masih tergantung di motor. Tersangka menunggu korban lengah untuk kemudian motor diambil.

“Jadi, di desa itu saat malam ada banyak motor yang diparkir sembarangan, terkadang ditaruh di depan rumah. Bahkan kuncinya juga masih tertinggal. Nah, semacam ini yang menjadi incaran para tersangka,” tegasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...