Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hore! RSUD Kudus Umumkan Zero Pasien Corona

Dua nakes RSUD Kudus tengah berjalan di lorong ruang perawatan Covid yang lengang (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi mengumumkan telah zero kasus Covid-19 per Jumat (17/9/2021) siang. Sebelumnya, rumah sakit berpelat merah tersebut telah menutup beberapa ruang isolasi, lantaran pasien corona terus menurun.

Pasien terakhir yang dirawat yakni satu pasien terkonfirmasi yang dirawat di ruang isolasi Dahlia 1. Pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh pada Rabu (15/9/2021) sore.

Alhamdulillah, kami sangat senang dan bersyukur. Saat ini tidak ada pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat,” kata Direktur RSUD Loekmono Hadi Kudus dokter Abdul Aziz Achyar, Jumat (17/9/2021).

Berdasarkan data, selama pandemi Covid-19 RSUD Loekmono Hadi Kudus telah merawat sebanyak 4.682 pasien Covid-19 dengan status terkonfirmasi positif, suspek, maupun probable. Yang kemudian, ada sebanyak 4.055 pasien yang dinyatakan sembuh.

Aziz menyebut, meskipun kini sudah nol kasus terkonfirmasi positif Covid-19, RSUD Loekmono Hadi Kudus tetap menyediakan satu ruang isolasi dan satu ruang intensive care unit (ICU) untuk pasien Covid-19. Dengan total 32 tempat tidur.

”Kami juga tetap menyediakan ruang kohort di masing-masing bangsal untuk jaga-jaga jika ada pasien yang ketika dirawat kemudian muncul gejala yang mengarah ke Covid-19 bisa langsung dipindahkan ke ruang tersebut,” kata dia.

Baca: Satu Per Satu Rumah Sakit di Kudus Tutup Ruang Isolasi Covid-19

Sementara bangsal yang semula digunakan sebagai ruang isolasi yang sudah dinonaktifkan saat ini sudah difungsikan kembali sebagai ruang perawatan pasien noCcovid-19. Aziz memastikan ruangan tersebut sudah benar-benar aman dari virus.

“Sebab kami sudah lakukan pembersihan dan sterilisasi sesuai dengan aturan pencegahan dan pengendalian infeksi,” jelasnya.

Pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan di RSUD Loekmono Hadi Kudus yang telah berjibaku melawan pandemi kurang lebih dalam setahun belakangan.

Aziz, juga berterima kasih kepada masyarakat Kudus yang sudah tertib menjalankan anjuran pemerintah untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Serta mendukung program pemerintah untuk menjalankan program vaksinasi sebagai ikhtiar memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...