Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Gandeng PT Pos Indonesia, SMK 1 Kedung Kembangkan Jiwa Entrepreneur Siswa

SMK 1 Kedung menggelar bimbingan tehnis bersama PT Pos Jepara, sebagai awal kerjasama program ‘Pos Goes To School’. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara- SMK Negeri 1 Kedung, Jepara, menjalin kerjasama dengan PT Pos Indonesia cabang Jepara, Kamis (16/9/2021). Kerjasama itu berbentuk kemitraan dengan membuka kantor layanan Pos Sekolah di SMK I Kedung Jepara.

Kepala Kantor Pos Jepara, Ali Ghozi Purnomo menyatakan, pembukaan Pos Sekolah di SMK 1 Kedung, tidak semata-mata hanya memperluas jaringan pos saja. Namun lebih dari itu, keberadaan Agen Pos ini juga dimaksudkan untuk memberi sebuah edukasi mengenai dunia wirausaha.

Pos Sekolah ini akan melayani sebagian besar layanan pos, baik jasa kurir maupun jasa keuangan yang berbasis di lingkungan sekolah. Pengelolaannya akan dilakukan oleh peserta didik, sebagai sebuah laboratorium kewirausahaan.

BACA JUGA: BSNT Hampir Selesai Disalurkan, Kantor Pos Jepara Kembali Salurkan BST

“Bersama PT Pos Indonesia Persero, SMK 1 Kedudng juga sepakat untuk mengembangkan transaksi digital di lingkungan sekolah dengan aplikasi pos pay dan penerapan QPRIS POS. Sehingga semua transaksi jual beli di lingkungan sekolah baik di kantin atau koperasi sekolah serta pos sekolah bisa dilakukan dengan non tunai,” ujar Ali Ghozi Purnomo, Kamis (16/9/2021).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK 1 Kedung, Sunaji, S.Pd., M.Eng, menyatakan gembira dengan kerjasama ini. SMK sebagai pendidikan vokasi Indonesia, diharapkan kedepan bisa menjadi center of excellence di dunia yang kualitas lulusannya tidak lagi dipandang sebelah mata.

Kerjasama dengan PT Pos Indonesia Jepara, adalah salah satu usaha yang dilakukan pihaknya, untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaan guru dan peserta didik. Program ‘POS Goes to School’ diawali dengan pemberian bimbingan teknis untuk bentuk program kerjasamanya.

Kerjasama itu meliputi program kewirausahaan dengan membuka outlet berbagai layanan yang dimiliki oleh PT POS Indonesia. Diantaranya pembayaran rekening listrik, PDAM, BPJS, jasa pengiriman paket maupun pendampingan sistem layanan pembiayaan non tunai berbasis aplikasi yang dapat dilaksanakan oleh peserta didik.

“SMK Negeri 1 Kedung juga ingin memperbaharui pola pikir guru maupun peserta didik untuk selalu update kompetensi. Terutama menanamkan jiwa wirausaha sehingga tujuan utama sekolah vokasi akan benar-benar terwujud. Setidaknya setiap lulusan SMK bisa mendapatkan problem solving terutama dalam kehidupan finansialnya dengan cara wirausaha,” kata Sunaji, S.Pd., M.Eng.

Reporter: Budi erje
Editor: Budi erje

Comments
Loading...