Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Indonesia Hadapi Lawan Berat di Piala AFF

Piala AFF 2020 (2021) akan segera diputar. Indonesia berpeluang langsung berhadapan dengan tim-tim kuat. (facebook.com/affsuzukicup)

MURIANEWS, Jakarta- Tim Nasional Indonesia berpeluang akan langsung menghadapi tim-tim berat di Piala AFF 2020 (2021). Meski drawing untuk turnamen ini baru akan dilakukan pada Selasa (21/9/2021), namun ‘kemungkinan’ itu sudah ‘tercium’.

Peluang kemungkinan Indonesia akan langsung menghadapi lawan berat, didasarkan dari hasil drawing pot yang dibeberkan oleh Federasi Sepakbola Vietnam (VFF). Hasil drawing Pot sebenarnya belum secara resmi disampaikan Konfederasi Sepakbol Asia Tenggara (AFF). Namun VFF sudah membeberkannya ke media Vietnam.

Rincian drawing pot yang sudah dibeber menempatkan Pot satu diisi Thailand dan Vietnam, pot dua dihuni Filipina dan Myanmar, pot tiga ada Malaysia dan Singapura, pot empat ditempati Indonesia dan Kamboja, dan pot lima milik Laos dan Timor Leste atau Brunei.

BACA JUGA: Jeblok di Kualifikasi Piala Dunia, Ranking Indonesia Jatuh ke urutan 174 FIFA

Mengacu pot drawing tersebut, maka Indonesia dipastikan bisa berada satu grup dengan lawan-lawan berat. Kemungkinannya, Indonesia bisa satu grup dengan Vietnam, Filipina, dan Malaysia. Atau bersama Thailand, Myanmar, dan Singapura, dan kemungkinan lain satu grup dengan Thailand, Filipina, dan Malaysia.

Dari 12 edisi Piala AFF yang sudah digelar, Indonesia selalu mengalami kesulitan jika bergabung dengan Thailand, Filipina, Malaysia, Vietnam dan Singapura. Meski sebenarnya tim-tim itu juga pernah dikalahkan Indonesia, namun Thailand dan Malysia bisa menjadi beban berat.

Saat bertemu Thailand dan Malyasia, Indonesia seperti kehilangan daya saingnya. Dalam beberapa dekade terakhir, Indonesia kerap mengalami kekalahan menyakitkan.

Dengan Thailand misalnya, Timnas Indonesia sudah bentrok 12 kali di kejuaraan yang awalnya bernama Piala Tiger ini. Dari 12 pertemuan Garuda Merah Putih hanya menang tiga kali, yakni pada edisi 1998 (posisi ketiga), 2010 (babak grup), dan 2016 (babak grup).

Lantas Timnas Indonesia bentrok delapan kali dengan Harimau Malaya, julukan Malaysia. Hasilnya empat kali kali dan empat kali menang. Indonesia biasanya bisa menumpas Malaysia saat babak grup, tetapi sebaliknya dalam laga semifinal atau final, banyak kalahnya.

Untuk Vietnam, pada edisi-edisi awal Piala AFF, dominan kalah dari Indonesia. Namun, dalam satu dekade terakhir sepak bola negeri Paman Ho tersebut menjadi yang terdepan di ASEAN. Sedangkan Indonesia pada saat bersamaan ‘mlempem’.

Hasil Pot Drawing Piala AFF 2020 (2021):
Pot 1: Vietnam, Thailand
Pot 2: Filipina, Myanmar
Pot 3: Malaysia, Singapura
Pot 4: Indonesia, Kamboja
Pot 5: Laos, Timor Leste/Brunei

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...