Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Siapkan Rp 45 Miliar untuk BLT 70 Ribu Buruh Rokok

Para buruh rokok tengah bekerja di salah satu pabrik rokok di Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menyiapkan dana Rp 45 miliar dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk progam Bantuan Langsung Tunai (BLT) buruh rokok di Kota Kretek.

Jumlah tersebut, diperuntukkan bagi 70 ribu penerima yang merupakan buruh rokok aktif di berbagai pabrik rokok di Kabupaten Kudus.

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Kudus, Bergas Catursasi Penanggungan mengatakan, data 70 ribu penerima buruh rokok tersebut, merupakan data terbaru di Dinas Ketenagakerjaan Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus.

Sementara data yang diajukan dan berasal dari sepuluh pabrik rokok legal di Kabupaten Kudus berada di angka 61 ribu.

“Namun kami berkontak dengan Bea Cukai katanya masih ada yang masih belum terdaftar, jadi kemungkinan akan bertambah, makanya kami alokasikan untuk 70 ribu buruh,” kata Bergas via sambungan telepon, Kamis (16/9/2021).

Untuk teknis dan penyalurannya sendiri, tambah dia, akan dilakuan oleh Sekretariat Daerah (Setda) Kudus melalui Bagian Perekonomian.

Kabag Perekonomian Setda Kudus Dwi Agung Hartono menyebutkan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu aturan teknis dari pemerintah provinsi untuk penyaluran untuk BLT tersebut.

Baca: DPRD Kudus: Segera Cairkan BLT Buruh Rokok!

Terlebih, Pemprov Jateng juga akan menyalurkan BLT buruh rokok di Jawa Tengah. Sehingga arahan dari pusat, kabupaten diminta untuk menunggu aturan teknis dari provinsi supaya selaras baik kriteria penerima dan penyalurannya.

“Nanti kami dapat jumlah pasti berapa buruh rokok yang akan terima BLT DD dari kabupaten, supaya tidak ganda,” jelas dia.

Pihak Setda Kudus sendiri, telah melayangkan surat kepada Pemprov Jateng untuk meminta arahan terkait kriteria buruh rokok yang bisa menjadi penerima BLT dari sumber dana DBHCHT tersebut.

 

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...