Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Puluhan Pelaku IKM di Grobogan Dibekali Pelatihan Membatik

Pelaku IKM sedang mengikuti pelatihan membatik di Gedung Dalmadi Center Purwodadi. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Puluhan pelaku industri kecil menengah (IKM) di Grobogan mendapat pelatihan membatik yang diselenggarakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag).

Pelatihan membatik diselenggarakan di Gedung Dalmadi Center Purwodadi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Kepala Disperindag Kabupaten Grobogan Pradana Setyawan menjelaskan, kegiatan pembinaan kemampuan dan ketrampilan kerja masyarakat melalui pelatihan dan pengembangan industri kecil dilakukan mulai 13 sampai 16 September 2021.

Pelatihan ini dilakukan untuk menggeliatkan kembali karya batik di Kabupaten Grobogan, terlebih dalam masa pandemi Covid-19. “Pelatihan kita lakukan dengan menerapkan prokes ketat,” katanya, Rabu (15/9/2021).

Menurutnya, pelatihan itu diselenggarakan dan diarahkan untuk membekali, meningkatkan, dan mengembangkan kompetensi kerja agar semakin banyak tersedia tenaga terampil IKM batik.

Diharapkan, peserta pelatihan itu nantinya bisa tumbuh menjadi wirausaha baru, sehingga bisa membuka peluang kerja bagi masyarakat di sekitarnya.

“Tujuan lain dari pelatihan ini adalah untuk melestarikan batik khas Grobogan supaya tetap eksis,” katanya.

Ia menambahkan, selain mendapat pelatihan membatik, para peserta juga akan mendapatkan kesempatan magang kerja selama dua hari di salah satu industri batik di Kota Pekalongan. “Magang kerja dijadwalkan 21 sampai 22 September,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...